02_rate_of_reaction
09:38

Pameran Produk Penelitian Dosen dan Mahasiswa FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan pameran produk hasil penelitian dosen dan mahasiswa pada Senin (15/10/2019) bertempat di lobby gedung F lantai 1 FILKOM UB. Tidak hanya bertujuan memperkenalkan hasil penelitian mahasiswa dan dosen, acara ini juga diharapkan bisa menginspirasi para mahasiswa FILKOM untuk memulai penelitiannya sendiri di berbagai bidang yang menjadi keminatannya.

03_pengunjung_mencoba_game_melody_of_the_lightHasil penelitian yang dipamerkan terdiri atas hasil skripsi mahasiswa S1, produk mahasiswa yang telah menjuarai kompetisi baik nasional maupun internasional, hasil tesis mahasiswa magister (S2) serta penelitian dosen atau laboratorium dan grup riset. Hasil penelitian yang berasal dari skripsi mahasiswa S1 terdiri atas VR Gesture Creator and Recognition Tool karya Dwi Rama Malawat (TIF/2015) dan automatic break for car race game karya Mochamad Halim (TIF/2014). Sementara itu produk mahasiswa yang pernah menjadi juara dalam kompetisi dan dipamerkan pada kesempatan tersebut terdiri atas Mariteam, Amalin.id dan game Melody of The Light.

04_amalinidTerdapat dua produk hasil tesis mahasiswa magister (S2) yang dipamerkan. Pertama Rate of Reaction karya Muh. Hafis, yaitu sebuah game edukasi untuk membantu siswa SMA belajar tentang materi laju reaksi pada mata pelajaran Kimia. Kedua adalah Lontara-AR karya Muh. Hasbi, yaitu sebuah aplikasi Augmented Reality yang dapat dioperasikan dalam perangkat android untuk membantu pengguna dalam belajar bahasa dan tulisan bugis.

05_pengunjung_mencoba_teknologi_autobreak_pada_game_car_raceSelanjutnya dari grup riset geoinformatika memamerkan karya Tangible Geographic Information System (Tangible GIS). Sementara itu laboratorium riset menampilkan tiga hasil penelitiannya di bidang sistem informasi meliputi SILAMDA, SIMASJID, dan SISFO-AV. SILAMDA (Sistem Informasi Layanan Bantuan Mengelola Diabetes Berbasis Android) adalah sistem yang telah divalidasi oleh dokter FK UB. Pengguna SILAMDA yang merupakan pengidap penyakit diabetes dapat melakukan konsultasi secara langsung melalui android. Selain itu dalam sistem ini juga terdapat modul untuk mengetahui early morning penyakit diabetes. Sementara itu SIMASJID (Sistem Informasi Manajemen Masjid) yang kini telah digunakan di Masjid Ibnu Sina Kota Malang adalah sistem pencatatan notulensi internal kegiatan masjid. SISFO-AV (Sistem Informasi Autopsi Verbal) yang dikembangkan berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang adalah sistem informasi yang berguna untuk menyimpan data kematian seseorang dalam suatu daerah. Sistem Informasi ini dirasa perlu karena selama ini data kematian masih belum tercatat dengan baik di pemerintah daerah. [dna]

 

 

 

 

 

Share