01_standart_foto_web_horizontal_filkom
11:26

Lokakarya Penyusunan Implementasi Dokumen Borang Akreditasi PS Teknik Informatika

Diselenggarakan 8 April 2017 di ruang B1.8 FILKOM, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 dosen Program Studi S1 Teknik Informatika. Pemateri pada kesempatan tersebut adalah Dr. Ir. Sri Rahayu Utami M.Sc. selakun dosen Fakultas Pertanian UB. Disampaikan oleh Wijaya Kurniawan, S.T, M.T selaku Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) PS. Teknik Informatika sekaligus panitia lokakarya tersebut bahwa saat ini PS. Teknik Informatika terkareditasi B dan diharapkan pada pengusulan akreditasi ulang mendatang akan memperoleh akreditasi A.

Workshop dimulai dengan diskusi borang 3A per standar, mulai dari standar 1 sampai dengan standar 7. Setiap borang terdiri atas 7 (tujuh) standar, yaitu (1) visi misi dan tujuan, (2) tata pamong, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber Daya Manusia/SDM, (5) kurikulum dan suasana akademik, (6) pembiayaan dan sarana prasarana, (7) penelitian dan pengabdian masyarakat serta kerjasama.

02_standart_foto_web_horizontal_filkom

Kunci dalam penyusunan borang adalah dalam menjawab atau menulis borang sebaiknya sesuai yang diminta pada matriks penilaian asesor, sehingga jelas tujuan akhirnya. Misalnya pada implementasi penyusunan borang standar 1 , visi misi tujuan yang sudah ada perlu ditambahkan sasaran mengenai kapan visi misi tujuan tercapai sehingga bisa membuktikan bahwa visi misi dan tujuan yang telah disusun realistik atau bisa dicapai dalam kurun waktu tertentu. Selain itu pada standar 1 perlu dijelaskan tahapan untuk mencapai tujuan, misal nasional dahulu baru internasional. Sasaran perlu ditambahkan dalam standar 1, dari 1 sasaran memiliki banyak indikator. Uraian tentang tingkat pemahaman civitas akademika juga perlu diberikan pertanyaan yang mengarah ke pemahaman visi misi dan tujuan serta data kuantitatif yang menunjukkan apakah penelitian dosen dan mahasiswa mengarah ke visi misi dan tujuan.

Presentasi dilanjutkan ke Standar 4 mengenai sumber daya manusia, perlu ada pedoman tertulis sebagai acuan penyusunan borang 4, sebaikknya ditunjukkan aturan dulu baru kemudian deskripsi borang standar 4.

Selanjutnya adalah presentasi Standar 6 mengenai pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi. Dalam standar ini perlu dijelaskan mengenai keterlibatan program studi dalam perencanaan dan pengelolaan dana. Standar 6 adalah standar paling krusial karena terkait dengan keuangan.

Presentasi selanjutnya dari standar 5, dalam presentasi ini banyak membahas tentang kurikulum dan mahasiswa skripsi. Aplikasi Filkom Apps sangat membantu untuk memantau proses skripsi yang sedang dilakukan mahasiswa.

Presentasi dari standar 7 mengenai penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.Saran yang bisa diberikan untuk standar 7 adalah perlu adanya tambahan dokumen pendukung keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta rekap penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan bobot tertinggi pada publikasi internasional . Akhir kata, dalam implementasi penyusunan borang perlu memperhatikan matriks penilaian akreditasi dan sinkronisasi antara borang 3A dan 3B pada kegiatan lokakarya selanjutnya juga diperlukan. [hnf]

 

 

Share