01_pengarahan_sebelum_psikotest
16:27

Workshop Dunia Kerja Periode Juni 2019

Untuk menambah pengetahuan serta ketrampilan lulusannya sebelum memasuki dunia kerja, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan kegiatan Workshop Dunia Kerja bagi para mahasiswa calon wisudawan/ti pada Kamis (20/06/2019). Kegiatan dibagi dalam tiga sesi meliputi sesi simulasi psikotest, materi mengenai cara sukses lolos dalam seleksi penerimaan tenaga kerja dan terakhir sesi pemberian informasi mengenai perkembangan dunia kerja bidang IT saat ini. Dari total 81 mahasiswa yang diundang, sekitar 50 mahasiswa yang hadir pada workshop yang diselenggarakan di gedung G lantai 2 FILKOM UB.

01_sesi_materi_Adam(1)Sesi pertama simulasi psikotes dipandu oleh Prasetyo Iskandar, S.T. Dalam sesi ini peserta workshop yang hadir berkesempatan untuk mengikuti simulasi psikotes yang meliputi tes kepribadian dan kemampuan diri. Nantinya hasil dari simulasi psikotest ini akan diumumkan kepada para peserta sebagai bahan pertimbangan perbaikan diri jika mengikuti psikotest yang sesunggunya.

Sementara itu sesi kedua mengenai cara sukses lolos dalam seleksi penerimaan tenaga kerja disampaikan oleh Wiwin Lukitohadi, S.H, S.Psi, CHRM selaku salah satu staf bagian Kemahasiswaan FILKOM. Dalam sesi kedua ini dipaparkan beberapa hal meliputi cara pembuatan surat lamaran (cover letter/CL) dan curriculum vitae (CV) yang baik dan benar, bagaimana menghadapi interview dan hal penting apa saja yang harus diperhatikan ketika diterima bekerja dalam suatu perusahaan. Tidak hanya menperoleh teori saja, dalam sesi ini mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan pembuatan CL dan CV dalam lembar kerja yang sudah disiapkan panitia.

01_sharing_mahasiswa_yang_sudah_pernah_tes_kerja_atau_telah_diterima_bekerjaPada sesi terakhir Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. memberikan materi tentang perkembangan industri bidang IT saat ini dan apa saja yang harus dipersiapkan para lulusan untuk bisa bersaing dalam era ini. Paparannya dibuka dengan sharing dari peserta workshop yang sudah diterima kerja sebelum wisudanya. Peserta yang sudah diterima kerja itu diminta untuk menceritakan pengalamannya selama menjalani seleksi penerimaan pegawai. Dijelaskan oleh Adam bahwa setelah lulus bukan berarti berhenti belajar, justru dalam masa penantian dan pencarian pekerjaan itu para lulusan harus tetap mengupgrade kemampuan. Caranya antara lain dengan rajin membaca berita IT, mengikuti pelatihan atau kelas online bidang IT dan mempelajari tentang perusahaan yang menjadi target atau cita-cita tempatnya bekerja. Hal-hal ini akan meningkatkan peluang lulusan memenang kompetisi dalam persaingan dunia kerja.

02_sharing_mahasiswa_yang_sudah_pernah_tes_kerja_atau_telah_diterima_bekerjaWorkshop ini diagendakan sebagai kegiatan rutin yang diperuntukkan bagi mahasiswa FILKOM yang segera mengikuti wisuda. Diharapkan dengan kegiatan ini para lulusan FILKOM dapat lebih siap dalam memasuki dunia kerja. [dna]

 

 

 

 

 

 

Share