01_visitasi_akreditasi_program_magister_ilmu_komputer
15:17

Visitasi Akreditasi Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB

Menindaklanjuti pengajuan Program Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) maka diselenggarakan visitasi akreditasi untuk Program Magister Ilmu Komputer pada Sabtu (6/5/2017). Hadir sebagai asesor pada kesempatan tersebut adalah Petrus Mursanto, Ir., M.Sc., Dr. dari Fakultas Ilmu Komputer UI dan Dr.techn. Ahmad Ashari M.Kom. dari Fakultas MIPA UGM. Dalam visitasi akreditasi kali mengacu pada tujuh standar yang tertuang dalam Borang 3A tentang Program Studi dan Borang 3B tentang Fakultas. Tujuh standar tersebut terdiri atas (1) visi misi dan tujuan, (2) tata pamong, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber Daya Manusia/SDM, (5) kurikulum dan suasana akademik, (6) pembiayaan dan sarana prasarana, (7) penelitian dan pengabdian masyarakat serta kerjasama.

02_peninjauan_berbagai_fasilitas_di_FILKOMDalam visitasi tersebut tim akreditasi Program Magister Ilmu Komputer memberikan dukungan terbaiknya kepada asesor dengan memberikan bukti dokumen – dokumen terkait yang dibutuhkan untuk proses penentuan akreditasi. Terdapat beberapa agenda yang dilaksanakan dalam kesempatan tersebut, meliputi acara pembukaan, peninjauan fasilitas di FILKOM antara lain laboratorium grup riset dan ruang perkuliahan, dilanjutkan dengan pemaparan borang termasuk pemenuhan 7 standar di dalamnya, diskusi asesor dengan mahasiswa serta alumni Program Magister Ilmu Komputer FILKOM dan penutup. Acara berlangsung di gedung F FILKOM lantai 7 dengan dihadiri oleh jajaran pimpinan, GJM dan UJM, dosen, tenaga kependidikan FILKOM serta mahasiswa dan alumni Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB. Kegiatan visitasi yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB tersebut berjalan lancar hingga akhir agenda kegiatan.

03_diskusi_asesor_dengan_mahasiswa_dan_alumni_s2_filkomDalam penutup, kedua asesor menyampaikan kesimpulan visitasi akreditas yang telah dilakukan dan membuat laporan serta berita acara yang ditandatangani oleh asesor dan perwakilan Program Magister FILKOM UB. Nantinya laporan hasil visitasi dan berita acara akan disampaikan kepada BAN PT untuk dilakukan proses lebih lanjut. Disampaikan oleh Petrus Mursanto bahwa hasil akreditasi umumnya akan diberikan kepada universitas terkait, paling cepat tiga bulan setelah visitasi. Sementara itu dalam penutup Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D selaku dekan FILKOM menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperanserta dalam kegaitan visitasi akreditasi tersebut. Diharapkan hasil akreditasi yang didapat nantinya dapat memenuhi harapan seluruh sivitas akademik di FILKOM.

“Apa saja yang sudah menjadi komentar kami tadi juga sudah dituangkan dalam berita acara. Pada dasarnya Program Studi Magister Ilmu Komputer sudah memiliki sejumlah dokumen yang cukup lengkap. Meskipun biasanya program studi baru itu masih kurang sana dan sini, tapi karena ini merupakan penjelmaan dari PTIIK jadi baik Fakultas maupun Program Studinya sudah cukup siap. Hanya saja tadi masukan kami adalah bahwa ketika menyusun borang sebetulnya tidak perlu susah-susah membuat narasi cerita yang lain, hanya meringkas dari referensi dokumen yang berlaku di FILKOM saja sudah cukup,” ujar Petrus Mursanto dalam penutupan visitasi akreditasi. [psik filkom]

 

Share