02_Visitasi_Akreditasi_Prodi_S1_PTI
13:41

Visitasi Akreditasi Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima visitasi akreditasi perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) pada Jumat (26/5/2017). Hadir sebagai asesor pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Ing. Ir. Iping Suprana, DEA (ITB) dan Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D. (UGM). Dalam visitasi kali ini Prof. Iping berperan memeriksa fasilitas, sarana prasarana yang tersedia di FILKOM sekaligus melakukan interview langsung dengan mahasiswa dan dosen tenaga pengajar FILKOM khususnya dari Prodi PTI. Sementara itu Ir. Paulus bertugas memeriksa dokumen pendukung borang 3A tentang program studi dan 3B tantang fakultas yang terdiri atas 7 (tujuh) standar, meliputi (1) visi misi dan tujuan, (2) tata pamong, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber Daya Manusia/SDM, (5) kurikulum dan suasana akademik, (6) pembiayaan dan sarana prasarana, (7) penelitian dan pengabdian masyarakat serta kerjasama.

02_Sesi_Interview_MahasiswaDalam sambutannya membuka agenda visitasi Prof. Iping menyampaikan bahwa kunjungannya sebagai asesor diharapkan tidak disalahartikan sebagai sesuatu yang menakutkan, melainkan sebagai upaya untuk bersama-sama membangun Teknologi Informasi (TI) di Indonesia khususnya mulai dari institusi pendidikan sebagai pusat pembentukan sumber daya manusia bidang yang ahli di bidang IT. Hal ini didasarkan pada tujuan akreditasi sebagai upaya menjaga kualitas pendidikan dan daya saing nasional minimal dalam wilayah regional Asia Tenggara.

“Indonesia punya banyak prodi IT yang jumlahnya lebih dari 10.000. Tapi dalam tataran ASEAN saja masih perlu perjuangan keras dan membutuhkan evaluasi bersama. IT skala nasional kita saja masih kalah dengan Vietnam. Karena itu setiap prodi harus punya kekhususan yang menjadi penunjang dalam strategi daya saing,” ungkap Prof. Iping.

03_Peninjauan_Grup_Riset_GeoinformatikaBeberapa agenda yang dilaksanakan dalam visitasi akreditasi Prodi S1 PTI kali itu, meliputi acara pembukaan, audit secara paralel Prof. Iping dan Ir. Paulus serta penutup. Kegiatan visitasi tersebut berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti hingga akhir agenda kegiatan. Dalam penutup beberapa kesimpulan hasil visitasi akreditasi Prodi S1 PTI disampaikan oleh kedua asesor. Adapun kesimpulan yang dipaparkan adalah bahwa Prodi S1 PTI FILKOM UB telah memiliki dokumen yang lengkap baik hardcopy maupun softcopy sehingga informasi yang ingin diklarifikasi oleh asesor dapat diperoleh dengan cepat. Meski demikian asesor juga memberikan beberapa masukan terkait perumusan kurikulum dan penetapan profil lulusan agar dipertimbangkan untuk dipertajam.

“Penting bagi mahasiswa untuk punya persepsi yang jelas setelah lulus nanti mau jadi apa. Dalam memformulasikan kurikulum yang lebih kental perlu untuk materi tentang pemberdayaan atau pemanfaat IT diperbanyak,” tutur Prof. Iping. [psik filkom]

 

 

 

Share