01_Sri_Wardhani_pada_sosialisasi_UPKK
15:18

UPKK UB Gelar Sosialisasi bagi Mahasiswa FILKOM

Untuk lebih mengenalkan Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK) sebagai salah satu unit di Universitas Brawijaya (UB) yang sebelumnya bernama Job Placement Center (JPC) maka digelar sosialisasi UPKK UB pada Rabu (5/4/2017). Bertempat di gedung H1.6 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), kegiatan sosialisasi UPKK ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa FILKOM. Pada kesempatan tersebut Dra. Sri Wardhani, M.Si. selaku kepala bidang Kewirausahaan UPKK UB hadir sebagai pemateri. Sosialisasi UPKK ini disampaikan oleh Sri Wardhani dilakukan pada seluruh fakultas yang ada di UB. Tujuannya agar mahasiswa UB lebih mengenal UPKK sehingga kemudian mampu memanfaatkan keberadaan UPKK baik saat menjadi mahasiswa maupun alumni UB.

“Selama ini UPKK sering sekali menyelenggarakan campus recruitment dan pelatihan namun hanya sedikit mahasiswa UB yang tahu. Oleh karena itu kami berkeliling ke seluruh fakultas di UB untuk lebih mengenalkan UPKK pada mahasiswa,” jelas Sri Wardhani.

02_Sesi_tanya_jawabMembuka paparannya Sri Wardhani menyampaikan UPKK sebelumnya dikenal sebagai JPC. Namun sejak tahun 2015 namanya diubah menjadi UPKK karena adanya tambahan fungsi tidak hanya menjembatani lulusan dan dunia kerja, namun juga sebagai lembaga penyelenggara tracer study dan juga pelatihan serta mempersiapkan mahasiswa dan alumi agar memiliki wawasan wirausaha. Secara lebih detil Sri Wardhani menjelaskan bahwa UPKK memiliki empat kewajiban utama meliputi (1) pemberian informasi lowongan kerja dan magang, (2) penyelenggaraan proses perekrutan tenaga kerja, (3) menyelenggarakan pelatihan mengenai dunia kerja dan kewirausahaan dan (4) melakukan tindak lanjut tracer study. Oleh karena itu Sri Wardhani menyarankan kepada mahasiswa yang hadir agar dapat mengambil manfaat sebanyak mungkin dari keberadaan UPKK.

“Kalian sering-sering kunjungi website UPKK di upkk.ub.ac.id. Jangan menunggu jadi alumni baru melihat website UPKK. Karena informasi yang ada di website bukan hanya untuk alumni saja tapi ada informasi untuk mahasiswa seperti info pelatihan dan pendaftaran magang atau internship di perusahaan tenama,” ungkap Sri Wardhani.

Tidak hanya melalui media website saja, UPKK juga membagikan informasi melalui media sosial meliputi facebook, twitter dan line yang seluruh detil ID akunnya dapat dilihat di website UPKK. Sebagai tambahan informasi bagi mahasiswa FILKOM yang hadir Sri Wardhani juga menginformasikan bahwa sebagai agenda terdekat UPKK akan menyelenggarakan Bootcamp Akselerasi Informasi untuk mempersiapkan mahasiswa mengikuti kompetisi INOTEK. Bootcamp tersebut akan diselenggarakan pada 29 April, 5 – 7 Mei 2017. Adapun informasi mengenai persyaratan peserta dan pendaftaran dapat diakses disini. [dna] 

Share