01_TOT_praktikum_jaringan_komputer
15:36

Training of Trainer Asisten Praktikum Jaringan Komputer

Kelompok Jabatan Fungsional Dosen Komputasi Berbasis Jaringan (KJFD KBJ) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) bagi asisten praktikum jaringan komputer pada Sabtu (11/3/2017). Bertempat di laboratorium pembelajaran B1.9 materi disampaikan oleh tiga dosen FILKOM Mahendra Data, S.Kom., M.Kom, Widhi Yahya, S.Kom., M.Sc. dan Fariz Andri Bakhtiar, S.T. Dijelaskan oleh Mahendra Data bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan dasar pemahaman yang sama bagi asisten praktikum jaringan komputer tentang standar materi praktikum, cara penilaian serta pemahaman istilah-istilah yang digunakan dalam modul praktikum.

Modul praktikum mata kuliah jaringan komputer yang digunakan pada Semester Genap 2016/2017 merupakan modul baru yang berbeda dengan modul praktikum pada periode sebelumnya. Dijelaskan oleh Mahendra Data bahwa modul baru ini dibuat sehubungan dengan telah dibukanya beberapa program studi baru di FILKOM.

“Modul lama digunakan untuk mahasiswa informatika memang tidak masalah. Tapi untuk mahasiswa program studi baru Sistem Informasi, Pendidikan Teknologi Informasi dan Teknologi Informasi yang memiliki latar belakang pendidikan berbeda akan sulit untuk dipahami. Karena mata kuliah jaringan komputer adalah mata kuliah wajib untuk semua program studi, jadi harus kita buat yang baru untuk mengakomodir semua program studi,” jelas Mahendra Data.

02_ToT_Praktikum_JarkomModul praktikum lama berisi materi yang mengarahkan mahasiswa untuk membuat suatu script untuk jaringan, sementara modul praktikum baru berisi materi yang mengarahkan mahasiswa untuk melakukan observasi dan analisis data. Disampaikan oleh Mahendra Data sebagai contoh mahasiswa akan diajarkan untuk menangkap data dari jaringan, kemudian menganalisanya.

“Misalkan protokol komunikasi web seperti apa. Lalu mahasiswa bisa cerita kalau web itu dienkripsi datanya tidak bisa terlihat. Kalau tidak terenkripsi maka datanya akan mudah dicuri orang. Mahasiswa juga bisa melihat perputaran data di internet itu seperti apa. Ada juga tentang traceroute untuk mengecek jumlah router, mahasiswa akan diminta untuk mencoba. Setelah mencoba data harus dianalisis. Misalkan mengapa angkanya ada 3 lalu apa makna dari angka tersebut,” ungkap Mahendra Data.

Meski demikian diakui oleh Mahendra Data bahwa modul baru tersebut masih belum dapat dikatakan sempurna sehingga masih akan dikaji ulang dan dilakukan beberapa perbaikan. Untuk diketahui modul praktikum jaringan komputer baru tersebut disusun oleh KJFD KBJ. Dimana anggota dari KJFD KBJ adalah dosen FILKOM yang mengajar mata kuliah tentang jaringan. Modul berisi 10 bab meliputi pengenalan wireshark, HTTP, DNS, TCP, UDP, IP,NAT, ICMP, Ethernet dan ARP, DHCP serta tambahan 2 bab evaluasi. Harapannya dengan pelatihan ini asisten praktikum mata kuliah jaringan komputer dapat memiliki pemahaman yang sama dan materi dapat tersampaikan dengan baik dan seragam antara asisten praktikum yang satu dengan yang lain. [dna]

 

Share