01_pembukaan_workshop_oleh_Wakil_Dekan_I_bidang_Akademik_FILKOM
11:43

Tingkatkan Jumlah Publikasi Ilmiah, FILKOM Gelar Workshop Penulisan Jurnal bagi Dosen

Bertujuan membangkitkan motivasi agar aktif dalam publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional terakreditasi, maka digelar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar Workshop Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional bagi Dosen pada Sabtu (18/11/2017). Workshop ini dihadiri oleh 26 dosen sebagai peserta. Dimana tiga orang pembicara pada kesempatan tersebut adalah Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. yang menyampaikan materi tentang motivasi penulisan jurnal, Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. yang memaparkan materi tentang klasifikasi artikel dan target jurnal dan Dr.Eng.Herman Tolle, S.T.,M.T. yang berbagi informasi mengenai teknis penulisan jurnal.

Publikasi ilmiah bagi para dosen sangat penting karena berdasarkan Permenristekdikti no 20 tahun 2017 disebutkan bahwa dosen dituntut untuk mempunyai publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional. Publikasi ilmiah bagi dosen juga berdampak terhadap diakuinya kualitas dosen tersebut terhadap bidang keilmuannya. Selain itu publikasi ilmiah dosen dapat membantu meningkatkan nilai akreditasi program studi atau institusi tempat dosen mengabdi.

Posisi seorang dosen terhadap publikasi ilmiah kini dapat diketahui secara online melalui berbagai lembaga pengindeks bereputasi, seperti Scopus, Thomson Reuters maupun Google Scholar. Melalui lembaga pengindeks tersebut dapat diketahui seberapa banyak publikasi ilmiah seorang dosen yang dikutip oleh peneliti lainnya. Publikasi ilmiah yang dikutip tersebut dapat mengindikasikan beberapa makna. Pertama, bidang kajian penelitian dosen tersebut menarik minat banyak peneliti lain. Kedua, kualitas publikasi ilmiah atau penelitian dosen tersebut diakui oleh peneliti lain. Ketiga, kemungkinan nilai manfaat hasil penelitian dosen tersebut semakin besar karena dikembangkan juga oleh peneliti lain. Keempat, secara individual, nama dosen tersebut juga dikenal dan dapat membuka jaringan yang lebih luas.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para dosen FILKOM dapat lebih memahami tentang pentingnya melakukan publikasi ilmiah. Selain itu juga mendapatkan tambahan wawasan tentang tips dan trik menembus jurnal nasional maupun internasional yang terakreditasi. Baik dari segi cara penulisan, pengiriman, dan menjawab/menanggapi hasil review pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, sehingga diharapkan dapat mempercepat publikasi ilmiah dosen bersangkutan. [panitia]

 

 

 

Share