01_Sosialisasi_pemberian_reward_dosen_pembimbing_dan_program_FILKOM_Juara
14:41

Sosialisasi Penghargaan bagi Dosen Pembimbing Mahasiswa dan Program FILKOM Juara

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui sub bagian Kemahasiswaan menggelar kegiatan Sosialiasi Pemberian Reward/Penghargaan bagi Dosen Pembimbing pada Bidang Penalaran, Minat Bakat dan Kesejahteraan Mahasiswa pada Kamis (6/7/2017). Kegiatan yang diselenggarakan di ruang pertemuan lantai 7 gedung F FILKOM tersebut dihadiri oleh dosen/ tenaga pengajar FILKOM. Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut adalah Edy Santoso, S.Si, M.Kom selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan FILKOM yang memberikan penjelasan mengenai SK Dekan FILKOM mengenai pemberian reward dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. salah satu dosen FILKOM yang menjelaskan tentang Program FILKOM Juara. 

Disampaikan oleh Edy bahwa selama ini penghargaan/reward di bidang Penalaran, Minat Bakat dan Kesejahteraan telah diberikan pada mahasiswa oleh Universitas Brawijaya. Reward tersebut diberikan jika mahasiswa meraih medali emas, perak dan perunggu atau menjadi juara 1, 2 dan 3 pada suatu kompetisi baik nasional maupun internasional. Sementara itu selama ini belum ada pemberian reward bagi dosen pembimbing mahasiswa yang maju mengikuti kompetisi. Oleh karenanya Dekan FILKOM mengeluarkan Surat Keputusan tentang bidang Penalaran, Minat Bakat dan Kesejahteraan Mahasiswaan bagi dosen tersebut melalui SK Nomor 136 Tahun 2017. Besaran pemberian reward bagi dosen pembimbing didasarkan pada tingkat prestasi (nasional atau internasional) dan jenis perolehan juara (medali emas, perak atau perunggu).

“Harapannya dosen dapat berupaya lebih optimal dalam melakukan pembimbingan sehingga meningkatkan pula kemungkinan mahasiswa sukses meraih juara di berbagai kompetisi yang diikuti,” ujar Edi.

Tidak hanya itu pada kesempatan tersebut juga disampaikan sosialisasi tentang program FILKOM Juara. Disampaikan oleh Adam bahwa program FILKOM Juara adalah sebuah program pembinaan kepada mahasiswa FILKOM untuk mempersiapkan diri dan kelompoknya agar dapat mejadi kontingen FILKOM dalam berbagai kompetisi. Program ini diberlakukan mengingat setelah dilakukan evaluasi internal tentang jumlah keikutsertaan dan kesiapan mahasiswa pada kompetisi IT baik nasional maupun internasional masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh kontingen FILKOM antara lain (1) waktu persiapan yang terlalu pendek karena produk baru dibuat saat akan mengikuti lomba, (2) produk yang tidak sesuai tema kompetisi, (3) kurangnya kemampuan speaking dan presentasi produk dan (4) masalah kemutakhiran teknologi yang diangkat.

“Untuk masalah ke mutakhiran itu dimana produk yang diangkat kontingen FILKOM dianggap sudah ketinggalan jaman oleh para juri. Sehingga butuh masukan dari dosen pembimbing yang lebih memahami perkembangan IT,” jelas Adam.

Project pertama program FILKOM Juara akan diterapkan pada persiapan kontingen FILKOM untuk Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 2017 (GEMASTIK 2017) yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Pendaftaran GEMASTIK 2017 dapat dilakukan hingga 15 Juli 2017 dimana informasi lebih lanjut dapat diakses disini. Dimana tema yang diangkat pada GEMASTIK 2017 adalah “Fostering National Unity Through ICT” atau Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Pemersatu Bangsa. Terdapat 10 kategori yang dilombakan pada GEMASTIK 2017 yaitu (1) pemrograman, (2) pengembangan perangkat lunak, (3) data mining, (4) keamanan jaringan dan sistem informasi, (5) animasi, (6) piranti cerdas dan embedded system, (7) desain user experience, (8) pengembangan bisnis TIK, (9) pengembangan aplikasi permainan dan (10) e-Government. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini akan meningkatkan jumlah keikutsertaan dan jumlah prestasi dari kontingen FILKOM yang mendapat bimbingan optimal dari para dosen pembimbing. [dna]

 

 

Share