sosialisasi-ppl3
15:39

Sosialisasi Pelaksanaan PPL dan Penandatanganan MOA antara SMK di Kota Malang dengan FILKOM UB

sosialisasi-pplProgram Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Penandatanganan MOA dengan SMK di Kota Malang selama 2 hari pada Rabu (29/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018) bertempat di gedung F. FILKOM UB. Kegiatan dibuka oleh Dekan FILKOM UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. Disampaikan oleh beliau, FILKOM UB terbuka bagi siswa siswi SMK di kota Malang dalam menjalankan program Praktek Kerja Industri (Prakerin) karena sejalan dengan program pemerintah di bidang pendidikan. Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI), Satrio Agung Wicaksono, S.Kom, M.Kom. Satrio menjelaskan tentang sejarah berdirinya prodi PTI, filosofi dibentuknya prodi PTI, hingga target lulusan dari prodi PTI, dimana lulusan dari prodi ini berkaitan erat dengan dunia pendidikan terutama di bidang Kejuruan.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan paparan tentang Sosialisasi Program PPL yang diterapkan di FILKOM UB oleh Admaja Dwi Herlambang , S.Pd., M. Pd., dimana program ini membutuhkan jalinan kerja sama dengan SMK (sederajat) di kota Malang. Dalam paparannya, Admaja menyampaikan tentang pentingnya PPL bagi mahasiswa prodi PTI agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung di dunia pendidikan terutama di SMK. Dalam konsepnya, program PPL di FILKOM UB berjalan dalam 3 tahap; pembekalan mahasiswa, praktik lapangan, dan evaluasi kinerja. Diharapkan para mahasiswa yang menjalani program PPL ini mendapatkan pengalaman praktik keguruan secara langsung dan merasakan suasana nyata dalam kegiatan belajar-mengajar didalam kelas.

sosialisasi-ppl2Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan akademisi SMK yang hadir. Pembahasan mengenai konsep dan teknis PPL berjalan cukup hangat antara para undangan dengan prodi PTI. Beberapa undangan mengharapkan tenggang waktu PPL yang lebih panjang sehingga manfaat yang diharapkan lebih terasa. Satrio sebagai moderator diskusi juga memaparkan mengenai kesesuaian silabus di prodi PTI dengan kurikulum SMK saat ini, sehingga bisa menyempurnakan kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik, dan  siap menjadi pendidik profesional di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi lulusan lulusan prodi PTI nanti. [edw]

Share