01_Ir_Herry_saat_menyampaikan_materi
15:45

Sosialisasi dan Pendaftaran Langsung DTS 2019 FGA FILKOM UB

Universitas Brawijaya dalam hal ini diwakili oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar kegiatan sosialisasi dan pendaftaran langsung Digital Talent Scholarship 2019 Fresh Graduate Academy (DTS 2019 FGA) pada Jumat (24/5/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Ir. Herry Abdul Azis, M.Eng selaku perwakilan Kemenkominfo yang juga steering comitee DTS 2019 bidang materi.

Ir. Herry menyampaikan berbagai informasi terkait DTS 2019 yang merupakan program Kemenkominfo RI dengan menggandeng 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,  23 Politeknik  dan 4 perusahaan teknologi global antara lain AWS, Cisco, Google dan Microsoft. DTS 2019 dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya.

02_sesi_tanya_jawab(1)Adapun DTS 2019 dibagi dalam empat program pelatihan. Pertama Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait) dan juga terbuka bagi penyandang disabilitas. Kedua Vocational School Graduate Academy (VSGA) yaitu program pelatihan intensif bagi lulusan SMK. Ketiga Coding Teacher Academy (CTA) yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS). Keempat Online Academy (OA) yaitu program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa dan pelaku industri.

FILKOM UB sendiri terpilih untuk menjadi penyelenggara program FGA. Tidak hanya bagi lulusan TIK atau yang terkait saja, program FGA di FILKOM UB juga terbuka bagi mahasiswa semester akhir jurusan TIK. Hingga saat masih terbuka banyak kesempatan khususnya untuk bidang cloud computing yang pendaftarannya bisa dilakukan hingga 15 Juni 2019.

Kegiatan sosialisasi tersebut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dan alumni UB saja, namun juga perwakilan dari perguruan tinggi lain di Malang dan juga masyarakat umum. Selain sosialisasi, pada kesempatan itu FILKOM UB dan Kemenkominfo juga memfasilitasi undangan yang hadir untuk melakukan pendaftaran langsung. Bagi yang telah mendaftar namun mengalami kendala atau berkeinginan mengganti jenis program yang diikuti, juga difasilitasi pada kegiatan tersebut. Harapannya program DTS 2019 dapat berjalan dengan lancar dan bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak sebagai upaya untuk pengembangan diri. [dna]

 

 

Share