01_kunjungan_unesa
16:20

Prodi Teknik Informatika UNESA Kunjungi FILKOM UB

Perwakilan Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (14/2/2019). Mereka adalah tujuh orang dosen Prodi Teknik Informatika UNESA diantaranya Sekretaris Jurusan Teknik Informatika Anita Qoiriyah, S.Kom., M.Kom, Ketua Laboratorium Naim Rochmawati, S.Kom., M.T. dan Kaprodi Teknik Informatika UNESA Aditya Prapanca, S.T., M.Kom. Sementara itu perwakilan FILKOM yang menyambut peserta kunjungan adalah Agus Wahyu Widodo, S.T, M.Cs Ketua Prodi TIF FILKOM, Muh Arif Rahman, Drs., M.Kom Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD Komputasi Cerdas) dan Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T, M.Kom Ketua Laboratorium Pembelajaran FILKOM.

Disampaikan oleh Anita Qoiriyah bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk studi banding terkait pengelolaan jurusan dan prodi di FILKOM. Dikarenakan Prodi Teknik Informatika UNESA akan melakukan reakreditasi dalam waktu dekat dan ingin mendapatkan hasil akreditasi yang baik seperti FILKOM. Sebagai pembuka pertemuan perwakilan FILKOM dan UNESA saling memperkenalkan diri dan kemudian dilanjutkan penyampaian materi tentang FILKOM oleh Agus Wahyu Widodo. Informasi yang disampaikaln meliputi sejarah berdirinya FILKOM, jurusan dan prodi yang ada di FILKOM dan lebih banyak pembahasan detil tentang pengelolaan Prodi TIF.

02_kunjungan_unesaDijelaskan oleh Agus Wahyu Widodo bahwa FILKOM memiliki dua jurusan yang terdiri atas Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi. Masing-masing jurusan memilki tiga prodi, dimana prodi TIF berada di bawah naungan Jurusan Teknik Informatika. Pada prodi TIF terdapat empat pilihan keminatan yang ditawarkan meliputi keminatan Komputasi Cerdas, Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi berbasis jaringan, serta Mobile game dan Multimedia (MGM). Jumlah mahasiswa Prodi TIF FILKOM mencapai 5.778 orang dimana 2.546 orang diantaranya telah lulus. Profil lulusan yang dicetak Prodi TIF FILKOM terdiri dari 13 profil, dimana 4 profil dicapai melalui mata kuliah wajib dan 9 profil dicapai melalui mata kuliah pilihan. Profil lulusan tersebut meliputi entrepreneur, researcher, IT Project Manager, IT Consultant, Software Specialist, Software Developer, Intelligent System Specialist, Network Specialist, Computer Security Specialist, Database Specialist, Big data specialist, Game specialist dan Mobile Application specialist.

“Mahasiswa prodi TIF diwajibkan mengambil 30 sks atau 10 mata kuliah pilihan. Dimana 6 mata kuliah pilihan harus merupakan mata kuliah pilihan pada jalur keminatan tertentu secara spesifik. Sementara 4 mata kuliah lainnya bisa mengambil mata kuliah dari keminatan berbeda,” jelas Agus.

Diskusi pada pertemuan tersebut berlangsung dengan lancar. Kemudian ditutup dengan kunjungan ke ruangan berbagai grup riset di lantai 9 gedung F FILKOM, antara lain grup riset computer vision, geoinformatika, jaringan berbasis informasi dan sistem cerdas. [dna]

 

 

 

 

Share