01_serah_terima_cinderamata(1)
15:59

Penjajakan Kerjasama FILKOM UB dengan Okayama University Jepang

Prof. Nobuo Funabiki dan Prof. Akio Gofuku selaku perwakilan Faculty of Engineering, Okayama University, Jepang melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (22/11/2018). Kunjungan ini sekaligus digunakan sebagai kesempatan untuk melakukan penjajakan kerjasama antara FILKOM UB dengan Department of Electrical and Communication Engineering, Okayama University, Jepang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan I Bidang Akademik Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom yang menyampaikan informasi umum terkait FILKOM UB. Paparan Ir. Heru mencakup berbagai jurusan dan program studi yang ada di FILKOM serta banyaknya mahasiswa yang aktif saat ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Okayama University dan hasil penelitian Prof. Funabiki. Dijelaskan oleh beliau bahwa Okayama University termasuk Top 12 Global Universites di Jepang dan berada di posisi 400 besar dunia berdasarkan Academic Ranking of World Universities 2016. Hingga saat ini Okayama University tercatat memiliki 2.653 staf dan tenaga pengajar serta total 13.099 mahasiswa dari program graduate dan undergraduate. Jumlah tersebut termasuk 873 mahasiswa internasional dari Indonesia, Taiwan, Cina, Bangladesh, Kenya dan Myanmar.  

01_presentasi_Prof_FunabikiSelain itu dijelaskan pula bahwa Faculty of Engineering, Okayama University memiliki empat department yang terdiri atas Dept. of Mechanical and Systems Engineering, Dept. of Electrical and Communication Engineering, Dept. of Information Technology dan Dept. of Applied Chemistry and Biotechnology. Selain kegiatan perkuliahan, mahasiswa Okayama University juga bisa bergabung dalam kegiatan tambahan seperti Robot Study Group dan JSAE Student Formula.  Pada Dept. of Electrical and Communication Engineering terdapat beberapa keminatan yang diketuai oleh seorang profesor. Keminatan tersebut meliputi Information System Design, Computer Networks and Medical Information, Network Systems, Mobile Communications, Information Security dan Multimedia Wireless. Prof. Funabiki tergabung dalam Multimedia Wireless dimana topik penelitiannya mencakup Java Programming Learning Assistant System (JPLAS), Elastic WLAN System (E-WLAN), Indoor Positioning System and Its Applications dan Digital Watermarking and Its Applications.

Dari pertukaran informasi tersebut kemudian dilakukan pembicaraan lebih lanjut untuk membahas berbagai kemungkinan kerjasama yang dapat dijalin. Dimana pembahasan terkait kerjasama penelitian akan ditindaklanjuti oleh Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si, M.Kom selaku Kepala Laboratorium Riset FILKOM UB. Sementara pembahasan terkait kerjasama akademik akan ditindaklanjuti oleh Bayu Rahayudi , S.T, M.T selaku Ketua Unit Kerjasama FILKOM UB. Harapannya kerjasama FILKOM UB dan Okayama University dapat segera diimplementasikan untuk memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. [dna]

 

 

Share