01_lokakarya_profil_lulusan_dan_kurikulum
14:47

Pembahasan Profil Lulusan dan Kurikulum Program Studi di FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melakukan pembahasan mengenai profil lulusan dan rancangan kurikulum baru yang akan digunakan mulai tahun 2020 mendatang dalam sebuah kegiatan lokakarya pada Sabtu (04/5/2019). Kegiatan ini diselenggarakan di Amarta Hills Hotel & Resort, Batu, Jawa Timur dan dihadiri oleh jajaran pimpinan FILKOM, ketua dan sekretaris jurusan, ketua program studi (Kaprodi), ketua dan sekretaris Gugus Jaminan Mutu (GJM), serta koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD).

Sebelum diselenggarakan lokakarya ini, masing-masing program studi telah melakukan perancangan profil lulusan dengan mempertimbangkan kebutuhan industri Information Technology (IT) lima tahun ke depan. Perancangan profil lulusan oleh masing-masing prodi dilakukan dengan melibatkan stakeholder antara lain dengan melakukan studi banding ke perguruan tinggi lain yang memiliki program studi terkait, diskusi dan meminta pertimbangan dari industri terkait, diskusi dengan alumni, serta melakukan diskusi dengan pakar dari dalam dan luar negeri mengenai bidang terkait.

02_paparan_WD_I_bidang_akademikKegiatan lokakarya ini diawali dengan sosialisasi kode mata kuliah oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, kemudian dilanjutkan dengan presentasi profil lulusan prodi oleh masing-masing Kaprodi dan ditutup dengan diskusi. Dalam sesi pemaparan masing-masing prodi disampaikan rincian rancangan profil lulusan dan dasar penentuan rancangan tersebut. Dari presentasi dan hasil diskusi kegiatan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa profil umum atau kompetensi dasar lulusan FILKOM yang ditetapkan fakultas berlaku untuk semua prodi. Selain itu profil entrepreneurship dari universitas tetap dimasukkan ke dalam kurikulum baru, profil lulusan prodi harus spesifik dan profil lulusan harus mampu mengakomodasi tren industri ke depan 4.0 (smart IT) dan 5.0 (humanis-beradab). [dna]

 

 

 

Share