01_Gembong_di_pelat_JPTIIK_JTIF
13:51

Pelatihan Penulisan Jurnal untuk J-PTIIK Bagi Mahasiswa Skripsi

Badan Pengelola Jurnal, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (BPJ FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah khususnya untuk Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) bagi mahasiswa yang sedang dalam proses skripsi. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, masing-masing untuk mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (23/5/2019) dan untuk mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (24/5/2019). Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Ketua Jurusan (Kajur) SI dan TIF serta Ketua BPJ. Para Kajur menyampaikan materi tentang pelatihan penulisan jurnal ilmiah, sementara Ketua BPJ menyampaikan penjelasan tentang template paper untuk disubmit di J-PTIIK.

01_pelatihan_JPTIIK_JSIGembong Edhi Setyawan, S.T.,M.T. selaku Ketua BPJ sekaligus ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah di J-PTIIK dan mempercepat proses publikasi di J-PTIIK. Penulisan artikel ilmiah yang baik sangatlah penting. Selain untuk pemeriksaan plagiasi, artikel ilmiah yang dipublikasikan online juga akan dibaca oleh banyak orang dan membawa kredibilitas nama penulis yang tercantum termasuk dosen pembimbing serta fakultas dan universitas asal penulis. Harapannya dengan artikel ilmiah yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas J-PTIIK dan mendorong pengembangan penelitian serta pemberian kontribusi untuk peningkatan sumber daya penelitian dalam bidang teknologi informasi dan ilmu komputer.

01_pelatihan_JPTIIK_JTIFUsai pembukaan, sesi selanjutnya adalah paparan oleh Kajur mengenai penulisan artikel ilmiah. Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Kajur SI menjadi pemateri pada hari pertama, sementara  Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D. selaku Kajur TIF menjadi pemateri pada hari kedua. Secara garis besar keduanya menjelaskan tentang bagian-bagian yang menyusun suatu artikel ilmiah, yaitu terdiri atas abstrak, pendahuluan/introduction, metode penelitian, hasil dan pembahasan serta penutup. Keduanya menekankan bahwa penulisan artikel ilmiah untuk jurnal berbeda dengan penulisan laporan akhir skripsi atau thesis. Oleh karena itu dalam pengerjaannya tidak dapat dilakukan copy-paste serta merta dari skripsi atau thesis menjadi artikel ilmiah untuk jurnal.

01_Sesi_tanya_jawab_pelat_JPTIIK_JTIFSementara itu Gembong menjadi pemateri kedua untuk materi tentang template paper J-PTIIK di dua hari berturut-turut. Dalam paparannya Gembong menjelaskan tentang dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan artikel ilmiah ke J-PTIIK. Dijelaskan pula bahwa artikel ilmiah harus ditulis sesuai dengan ketentuan template J-PTIIK, mulai dari jenis dan ukuran font, spasi hingga aturan penomoran gambar dan tabel. Gambar dan tabel yang terdapat di artikel ilmiah untuk jurnal diberi nomor urut dari 1 hingga akhir gambar atau tabel di artikel ilmiah. Penomorannya tidak sama dengan penomoran pada laporan akhir skripsi atau thesis yang dibuat sesuai dengan bab tempat gambar atau tabel berada. Gembong juga menjelaskan tentang aturan peletakan gambar dan tabel. Template J-PTIIK dan aturan submission lainnya dapat diakses di http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/about/submissions.

“Gambar dan tabel yang dicantumkan dalam artikel ilmiah adalah yang benar-benar penting untuk menjelaskan penilitian inti Anda. Gambar dan tabel tidak boleh lebih dari batas margin yang telah ditentukan dalam template J-PTIIK,” jelas Gembong. [dna]

 

 

 

Share