01_Achmad_Afif_dalam_Pelatihan_JPTIIK_2018
14:35

Pelatihan Penulisan Jurnal untuk J-PTIIK 2018

Badan Pengelola Jurnal (BPJ) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan penulisan jurnal untuk Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) bagi mahasiswa yang sedang menempuh skripsi pada Jumat (18/5/2018). Hadir sebagai pemateri adalah Ahmad Afif Supianto, Dr.Eng, S.Si, M.Kom dan Gembong Edhi Setyawan, S.T, M.T. Dalam sambutan pembukaannya Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggakan untuk mensosialisasikan cara penulisan jurnal yang baik dan benar untuk kebutuhan publikasi ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu kegiatan ini juga untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa FILKOM saat melakukan pengajuan jurnal ke J-PTIIK sebagai salah satu syarat yudisium.

Materi pertama tentang cara penulisan jurnal disampaikan oleh Ahmad Afif. Dijelaskan olehnya bahwa masalah yang sering dihadapi mahasiswa FILKOM adalah mengonversi tulisan skripsi yang umumnya mencapai ratusan halaman menjadi sebuah jurnal yang hanya terdiri atas maksimal delapan halaman. Kebanyakan mahasiswa FILKOM hingga saat ini hanya melakukan copy paste tulisan di skripsi ke jurnal. Padahal format penulisan skripsi dan jurnal sangatlah berbeda. Untuk mempermudah proses konversi skripsi ke jurnal yang baik dan benar, Ahmad Afif memberi beberapa tips. Pertama perlu diingat oleh setiap penulis bahwa karya tulis ilmiah termasuk jurnal yang dibuatnya akan dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu jurnal harus dibuat sedemikian rupa agar enak dibaca dan mudah dimengerti. Penulis harus mengerti bagian-bagian yang harus ada di jurnal yaitu title (judul), abstract (abstrak), introduction (pendahuluan), proposed method (metodologi penelitian), experiments (pembahasan), conclusions (kesimpulan) dan references (daftar pustaka).

02_Gembong_Edhi_dalam_Pelatihan_JPTIIK_2018Abstrak berisi tentang apa saja yang telah dilakukan oleh penulis dan hasil penting apa yang menjadi temuannya. Abstrak harus dibuat semenarik mungkin dan mudah dipahami pembaca tanpa harus membaca keseluruhan jurnal. Pendahuluan berisi tentang jenis penelitian yang dilakukan penulis dan apa yang spesial dari penelitiannya tersebut dibanding yang lain. Selain itu pendahuluan juga berisi penjelasan tentang permasalahan yang dihadapi penulis dan hasil yang diharapkannya dari penelitian. Sementara itu metodologi penelitian berisi paparan tentang metodologi yang digunakan dalam penelitian penulis misalkan algoritma, teknik dan model penelitian. Pembahasan berisi detil tahapan penelitian serta pembuktian dari hipotesa. Sedangkan kesimpulan berisi ringkasan hasil penelitian dan kemungkinan pengembangan untuk penelitian selanjutnya.

Pemaparan materi kedua tentang aturan pengajuan jurnal disampaikan oleh Gembong. Dijelaskan bahwa pengajuan jurnal ke J-PTIIK dapat dilakukan secara online melalui website j-ptiik.ub.ac.id. Mahasiswa yang dapat melakukan pengajuan jurnal ke J-PTIIK adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan proses skripsinya di FILKOMApps. Jurnal yang diajukan harus disertai dokumen yang diwajibkan. Selain itu jurnal juga harus mengikuti template jurnal J-PTIIK yang dapat diunduh di j-ptiik.ub.ac.id menu penyerahan. Terdapat pula beberapa dokumen yang wajib diikutsertakan dalam pengajuan jurnal.

“Seperti penomoran tabel dan gambar dibuat urut 1, 2, 3 dan seterusnya. Tidak seperti dalam skripsi yang penulisannya sesuai bab misal 2.1, 2.2 dan seterusnya,” jelas Gembong.

Materi pelatihan dapat diunduh melalui link berikut ini:

 

 

Share