01_Interaksi_dengan_mahasiswa_dalam_pemaparan_Fitri
16:27

Pelatihan Penulisan Jurnal J-PTIIK bagi Mahasiswa Skripsi FILKOM UB

Badan Pengelola Jurnal, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (BPJ FILKOM UB) menyelenggarakan pelatihan penulisan jurnal untuk Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Imu Komputer (J-PTIIK) bagi Mahasiswa FILKOM yang sedang mengambil program skripsi (3 & 10/11/2017). Dimana pada tanggal 3 November 2017 diperuntukkan bagi mahasiswa skripsi jurusan Teknik Informatika (TIF) dan tanggal 10 November 2017 diperuntukkan bagi mahasiswa skripsi jurusan Sistem Informasi (SI). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan informasi bagi mahasiswa FILKOM UB mengenai cara penulisan jurnal yang baik dan benar serta bagaimana aturan pengajuan jurnal di J-PTIIK. Disampaikan oleh Gembong Edhi Setyawan, S.T, M.T. selaku Ketua BPJ FILKOM UB bahwa selama ini mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan ketika membuat maupun mengunggah jurnal di J-PTIIK UB.

“Sesuai dengan peraturan universitas saat ini bahwa seluruh mahasiswa di UB harus melakukan publikasi ilmiah sebagai syarat kelulusannya. Karenanya FILKOM memiliki J-PTIIK sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel ilmiah para mahasiswa FILKOM. Tapi saat ini kebanyakan cara penulisan artikelnya masih kurang sesuai dengan standar jurnal yang benar. Kebanyakan masih copy paste dari laporan akhir atau skripsinya. Jadi kita selenggarakan pelatihan ini untuk memberikan wawasan,” jelas Gembong.

02_pelatihan_penulisan_jurnal_untuk_JPTIIKPelatihan bagi mahasiswa Jurusan TIF menghadirkan pemateri Fitri Utaminingrum, Dr. Eng., S.T, M.T dan Gembong Edhi Setyawan, S.T, M.T. Sementara pada pelatihan bagi mahasiswa SI pemateri yaitu Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc. dan Gembong Edhi Setyawan, S.T, M.T. Dalam setiap pelatihan kegiatan dibagi dalam dua agenda utama yaitu pemaparan materi pertama oleh Fitri Utaminingrum dan Fatwa Ramdani tentang cara penulisan jurnal nasional maupun internasional yang baik dan benar, serta pemaparan materi kedua oleh Gembong Edhi tentang persyaratan dan ketentuan pengajuan jurnal untuk dipublikasikan di J-PTIIK. Beberapa materi yang disampaikan oleh Fitri Utaminingrum dan Fatwa Ramdani tentang cara penulisan jurnal yang baik dan benar meliputi informasi tentang (1) pentingnya menulis jurnal, (2) bagian-bagian jurnal, (3) cara penulisan author, peletakan gambar, tabel dan grafik, penulisan persamaan (4) jenis pelanggaran etika ilmiah dan (5) tahapan proses penulisan jurnal.

Dijelaskan bahwa menulis jurnal itu penting karena selain sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa atau syarat kepangkatan bagi dosen, jurnal juga merupakan wujud kontribusi untuk ilmu pengetahuan, bangsa, negara dan institusi kerja. Bagian-bagian yang harus ada pada penulisan jurnal berbeda dengan bagian yang ada pada penulisan laporan akhir atau skripsi. Oleh karenanya penulisan jurnal tidak bisa begitu saja menyalin dari seluruh laporan akhir atau skripsi. Dijelaskan oleh Fitri dan Fatwa bahwa jurnal terdiri atas beberapa bagian meliputi judul, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta referensi/daftar pustaka. Penulisan judul jurnal memiliki syarat umum antara lain memiliki daya Tarik untuk pembaca, singkat dan mampu menggambarkan keseluruhan artikel. Judul jurnal dalam bahasa Indonesia disarankan tidak lebih dari 12 kata dan dalam bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Sementara itu abstrak berisi ringkasan keseluruhan kajian meliputi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan simpulan dalam bentuk singkat dan jelas. Kata kunci penting dalam jurnal untuk membantu indeksisasi dan keteraksesan oleh pembaca melalui pencarian di internet. Biasanya terdiri atas tiga hingga enam kata yang disusun beurutan menurut abjad.

02_Fatwa_Ramdani_saat_pemaparan_untuk_mahasiswa_SIBagian pendahuluan pada jurnal berisi rangkaian narasi yang memuat secara padu latar belakang masalah, tujuan penelitian, sitasi penelitian terdahulu, penjelasan singkat tentang metode penelitian, hipotesis serta dasar teori. Bagian metode penelitian berisi langkah penelitian secara rinci, termasuk rumusan matematis atas temuan metode anda. Bagian hasil dan pembahasan berisi perbandingan hasil yang didapat dengan hasil penelitian sejenis sebelumnya. Penyajian hasil penelitian dapat menggunakan tabel, gambar, grafik atau gambar. Bagian kesimpulan harus berisi narasi yang mampu menjawab permasalahan yang sebelumnya dipaparkan di bagian pendahuluan.

Sementara itu pada penjelasannya tentang syarat pengajuan publikasi di J-PTIIK, Gembong menyampaikan bahwa mahasiswa harus terlebih dahulu menyelesaikan proses skripsinya di FILKOMApps sebelum mengajukan publikasi di J-PTIIK. Dikarenakan verifikasi data yang masuk ke J-PTIIK berdasarkan data dokumen akhir yang telah disetujui dosen pembimbing dan diunggah mahasiswa pada FILKOMApps. Kemudian pengajuan publikasi jurnal harus memenuhi segala ketentuan yang dipaparkan di website j-ptiik.ub.ac.id. Dimana antara lain mahasiswa harus mengunggah jurnal dalam bentuk file Microsoft Word atau Open Office dan dokumen pendukung dalam bentuk file pdf atau gambar (jpg). Dokumen pendukung terdiri atas pernyataan hak cipta dan etika publikasi yang telah diisi lengkap dan  ditandatangani, form SC12 dan SC2-13 dan hasil tes plagiasi turnitin. Dokumen yang tidak sesuai ketentuan akan dikembalikan oleh pengelola jurnal kepada penulis untuk diperbaiki. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mahasiswa lebih memahami penulisan jurnal dan pengunggahannya di J-PTIIK, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan mempercepat proses kelulusan. [dna]

 

 

 

 

Share