01_demo_robot_oleh_perwakilan_FILKOM_di_JEC_2017
11:19

Partisipasi FILKOM UB di Jombang Eco Creative 2017

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) turut berpartisipasi dalam acara Jombang Eco Creative 2017 (JEC 20017) yang diselenggarakan di Taman Kebonratu, Kecamatan Petrongan, Kabupaten Jombang, selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (13-15/10/2017). Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Jombang untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Perwakilan FILKOM yang hadir pada kesempatan tersebut terdiri atas tiga mahasiswa yaitu Satria Rizky Bismiansyah (Teknik Komputer/2014), Abdulah Asy Syakur (Teknik Komputer/2016) dan Hafiz Nul Hakim (Teknik Komputer/2016) dengan didampingi oleh seorang dosen FILKOM Tibyani, S.T., M.T. Keempatnya turut berpartisipasi dalam sesi pameran produk lingkungan.

02_Tibyani_bersama_dua_mahasiswa_Teknik_Komputer_FILKOM_dan_robot_yang_akan_dipamerkanAdapun karya yang dipamerkan pada kesempatan tersebut berupa tiga robot buatan mahasiswa FILKOM, terdiri atas dua robot lego dan satu robot humanoid. Disampaikan oleh Tibyani partisipasinya bersama tim dalam acara ini karena undangan dari Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Jombang sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan FILKOM dan berbagi ilmu dengan masyarakat. Ketiga robot yang dipilih untuk dipamerkan dan didemonstrasikan dihadapan para pengunjung tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya para siswa kelas 6 SD hingga SMA sederajat. Hal ini juga untuk memicu masyarakat agar memiliki rasa ingin mempelajari pengetahuan mengenai robot dan berbagai manfaatnya dalam membantu aktivitas manusia dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Untuk diketahui, acara JEC 2017 ini dibuka langsung oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang digelar di acara ini meliputi lomba fotografi bertema lingkungan hidup, diskusi terkait masalah lingkungan, diskusi bertema budaya, lomba yel yel antar kader lingkungan, serta pameran produk lingkungan oleh sekolah adiwiyata. [tib/dna]

 

 

 

Share