01_Open_Talk_Jurusan_SI
13:31

Open Talk dan Sosialisasi Akademik Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Open Talk dan Sosialisasi Akademik bagi mahasiswa Jurusan Sistem Informasi pada Jumat (18/5/2018). Materi utama yang dibahas meliputi prosedur KRS dan Semester Antara. Dengan pemateri Issa Arwani, S.Kom, M.Sc selaku Kepala Program Studi Teknologi Informasi (Kaprodi TI) dan   Mochammad Ali Fauzi, S.Kom, M.Kom selaku koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Komputasi Cerdas.

Dalam pemaparan tentang semester antara (SA) dijelaskan bahwa tujuan diadakannya SA adalah untuk mencegah evaluasi akademik tiap tahunnya, mengoptimalkan nilai mata kuliah (MK) yang masih kurang dan mempercepat kelulusan dengan mengambil MK baru di SA. Dijelaskan oleh M. Ali Fauzi bahwa sejak tahun 2016, MK yang diambil pada SA bisa mendapat nilai A. Sementara untuk mata kuliah berpraktikum boleh diulang di SA dengan syarat adanya surat keterangan dari Kepala Laboratorium Pembelajaran terkait nilai praktikum >= 60. Meski demikian MK berpraktikum baru, tidak bisa diambil di SA. Mahasiswa hanya membayar untuk sks MK saja dan tidak perlu melakukan pembayaran untuk sks praktikumnya. Mahasiswa FILKOM hanya boleh mengambil maksimal 9 sks dalam sekali SA.  Namun bagi mahasiswa yang terkena evaluasi akademik dapat mengambil lebih banyak sks dengan memberikan surat pengajuan.

Sementara itu mengenai Pra KRS, dijadwalkan dapat dilakukan via FILKOM Apps pada 21 – 31 Mei 2018. Dalam pemrogram pra KRS, beban SKS yang dapat diambil akan mengacu pada IPK semester sebelumnya. Dalam prosedurnya mahasiswa wajib melengkapi berkas – berkas yang terdiri atas form Pra KRS yang dapat diperoleh dari FILKOM Apps, Display book, cover, biodata dan lembar konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (dosen PA).

Untuk Pembayaran SPP dan pelaksanaan KRS online dapat dilakukan pada 30 Juli – 10 Agustus 2018. Mahasiswa wajib memasukan data Pra KRS di FILKOM Apps dan KRS online di SIAM. Perbedaan entry data KRS online dan Pra KRS maksimal 2 (dua) mata kuliah. Pencetakan KRS dan tanda tangan dosen PA 27 - 31 Agustus 2018.

 

 

Share