Microsoft Indonesia Sosialisasikan Imagine Cup 2016 pada Mahasiswa FILKOM

Microsoft Indonesia Sosialisasikan Imagine Cup 2016 pada Mahasiswa FILKOM

Irving Hutagalung, Technical Evangelist Microsoft Indonesia memberikan sosialiasi tentang Imagine Cup 2016 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK), Senin (16/11). Disampaikan bahwa Imagine Cup adalah sebuah kompetisi global di bidang IT yang diperuntukkan bagi para pelajar dari berbagai belahan dunia. Imagine Cup memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk dapat bekerjasama dalam tim, menuangkan ide kreatif dan pengetahuannya di bidang IT dalam bentuk aplikasi, game dan berbagai solusi terintegrasi.
“Berbeda dengan kompetisi IT lainnya, Imagine Cup lebih menekankan tujuannya untuk enterprenurship. Jadi kami selalu berpesan pada peserta, menang ataupun tidak hasil karya yang telah dibuat harus tetap dilanjutkan,” ungkapnya.

Pada tahun 2016 mendatang kategori yang dikompetisikan dalam Imagine Cup meliputi game, innovation dan world citizenship. Irving mengungkapkan bahwa kategori game adalah kategori yang paling banyak diminati oleh peserta. Bahkan peminat kategori game bisa mencapai 60% dari total peserta keseluruhan. Penilaian untuk kategori game menitikberatkan pada aspek fun dan addictive. Sementara itu untuk kategori innovation, penilaian difokuskan pada aspek inovasi karya yang ada dibanding produk serupa yang telah ada. Kategori world citizenship mengharuskan peserta untuk membuat suatu karya yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
“Untuk world citizenship bisa karya yang memberikan solusi untuk permasalahan peemrintahan, lingkungan hidup atau masyarakat. Semuanya lebih diutamakan yang sudah benar-benar terbukti telah digunakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Irving.

Karya yang diikutsertakan dalam Imagine Cup tidak hanya yang berupa aplikasi web based software atau mobile based software namun dapat juga karya yang merupakan hasil penggabungan software dan hardware.  Untuk pembuatan karya, pihak Microsoft sebagai penyelenggara Imagine Cup tidak mengharuskan peserta menggunakan 100% produk Microsoft. Peserta dapat menggunakan produk lain namun dengan tetap menggunakan minimal satu jenis produk Micsoroft.

Imagine Cup yang merupakan kompetisi tahunan ini telah memiliki jadwal pelaksanaan tetap. Dimana jadwal video submission pada bulan Februari, Indonesia semifinal bulan Maret, Indonesia final bulan April, worldwide semifinal bulan Juni dan worldwide final bulan Juli.
“Tahun ini worldwide semifinal dan final akan diselenggarakan di Seattle, USA. Jadi bagi tim yang terpilih sebagai perwakilan Indonesia akan berangkat kesana dengan biaya seratus persen ditanggung oleh Microsoft,” jelasnya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui www.imaginecup.com. Dimana setiap tim dapat terdiri dari mahasiswa gabungan beberapa universitas dan berbagai bidang keilmuan. Dengan jumlah maksimal anggota setiap tim adalah empat orang.