01_koordinasi_persiapan_praktikum_sem_ganjil_201718
11:06

Lab Pembelajaran FILKOM UB Gelar Koordinasi Persiapan Praktikum Semester Ganjil TA. 2017/2018

Laboratorium pembelajaran Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar koordinasi persiapan praktikum untuk Semester Ganjil TA. 2017/2018 pada Senin – Selasa (14-15/8/2017). Disampaikan oleh Kepala Lab. Pembelajaran Eriq Muh. Adams Jonemaro, S.T, M.Kom bahwa kegiatan persiapan ini diselenggarakan selama dua hari dengan agenda pada hari pertama koordinasi dilakukan bersama Wakil Dekan I bidang Akademik, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Program Studi serta Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KKJFD). Sementara pada hari kedua koordinasi dilakukan bersama mahasiswa FILKOM yang berperan sebagai asisten praktikum. 

Koordinasi hari pertama membahas mengenai mekanisme praktikum, pembaharuan modul praktikum, kewajiban dosen pengampu mata kuliah berpraktikum, peran asisten praktikum, mekanisme semester antara untuk mata kuliah yang berpraktikum. Dari hasil rapat tersebut disepakati bahwa akan dibentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk menyusun Manual Prosedur (MP) pelaksanaan praktikum. Tim khusus ini rencananya akan beranggotakan Wakil Dekan I FILKOM bidang akademik, Ketua atau Sekretaris Jurusan, Kepala Program Studi dan KJFD.

02_koordinasi_persiapan_praktikum_hari_kedua_sem_ganjil_201718Disampaikan oleh Eriq bahwa selama ini memang belum ada aturan khusus berupa MP Praktikum yang mengatur pelaksanaan praktikum. Oleh karenanya, sementara MP Praktikum baru belum terbentuk maka pelaksanaan praktikum masih menggunakan prosedur lama yang selama ini telah dilaksanakan. Hal inilah yang kemudian disosialisasikan ke asisten praktikum pada hari kedua kegiatan Koordinasi Persiapan Praktikum Semester Ganjil TA. 2017/2018. Dimana asisten praktikum berperan sebagai pendamping mahasiswa yang melakukan praktikum dengan panduan modul yang telah dibuat KJFD.

“Selama masih belum ada MP Praktikum yang baru kita akan tetap melaksanakan praktikum seperti sebelumnya. Hanya saja ada satu tambahan, asisten praktikum harus lebih aktif dalam melakukan koordinasi dengan dosen pengampu mata kuliah masing-masing. Hal ini diperlukan untuk sinkronisasi materi dari dosen dan saat praktikum,” jelas Eriq. [dna]

 

 

 

 

Share