01_Kunjungan_SMK_Unitomo_Surabaya
09:59

Kunjungan SMK Unitomo Surabaya ke FILKOM UB

Puluhan siswa dan siswi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Unitomo Surabaya melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (28/9/2017). Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin kunjungan universitas dan industri untuk memberikan tambahan wawasan bagi para siswa sebagai bekal saat lulus dari bangku SMK dikemudian hari. Para siswa SMK Unitomo Surabaya tersebut diterima baik oleh Kepala Jurusan Teknik Informatika Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D dan Edita Rosana Widasari , S.T., M.T., M.Eng salah satu dosen Program Studi Teknik Komputer FILKOM UB.

Dalam sambutannya Tri Astoto menyampaikan selamat datang pada peserta kunjungan yang hadir. Diharapkan kunjungan ini bisa menjadi motivasi bagi para siswa untuk melanjutkan studi lanjutnya di FILKOM. Sementara bagi para guru pendamping yang hadir kunjungan ini diharapkan menjadi kesempatan untuk melakukan observasi dan mengambil berbagai pengetahuan yang kemudian dapat bermanfaat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Budi Utomo nantinya.

02_penyampaian_materi_oleh_Edita_RosanaSementara itu dalam kesempatan tersebut Edita Rosana menyampaikan pemaparan mengenai FILKOM UB, khususnya Program Studi Teknik Komputer yang berkaitan kuat dengan keminatan para siswa peserta kunjungan. Dijelaskan oleh Edita bahwa FILKOM memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi. Dimana masing-masing jurusan terdiri atas tiga program studi (prodi). Adapun prodi yang berada di bawah Jurusan Teknik Informatika meliputi (1) Prodi Teknik Informatika, (2) Prodi Teknik Komputer dan (3) Prodi Magister Ilmu Komputer (S2). Sementara itu prodi yang berada di bawah naungan Jurusan Sistem Informasi meliputi (1) Prodi Sistem Informasi, (2) Prodi Teknologi Informasi dan (3) Prodi Pendidikan Tekologi Informasi.

Prodi Teknik Komputer sendiri dijelaskan oleh Edita memiliki dua pilihan keminatan yaitu (1) keminatan rekayasa komputer dan (2) keminatan rekayasa perangkat cerdas. Dalam keminatan rekayasa komputer peserta didik akan mempelajari lebih dalam tentang arsitektur dan organisasi komputer, implementasi topologi dan protocol jaringan sensor pada embedded system, real time systems (deterministic) dan processing, fault tolerant computer systems serta high performance computing. Sementara pada keminatan rekayasa perangkat cerdas peserta didik akan mempelajari tentang (1) pengembangan, desain maupun konstruksi perangkat meliputi hardware maupun software yang diimplementasikan di berbagai bidang, terutama smarthome, biomedis, pertanian maupun bidang mekatronik dan robotika, (2) kajian analisis pada sistem perangkat cerdas terkait parameter yang bersifat variabel dengan prinsip-prinsip computer engineering.

 

 

 

Share