01_Prof_Deron_Liang_saat_menyampaikan_pemaparannya
11:25

Kunjungan Kerjasama Riset dan Seleksi Beasiswa NCU Taiwan di FILKOM UB

Professor Deron Liang dari Department of Computer Science and Information Engineering, National Central University (NCU), Taiwan melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (9/11/2017). Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi terkait NCU Taiwan kepada mahasiswa dan dosen FILKOM yang berminat untuk melanjutkan studinya ataupun yang ingin melakukan kerjasama riset. Selain itu usai sesi sosialisasi Prof. Deron Liang juga melakukan sesi interview/wawancara dengan kandidat penerima beasiswa NCU untuk graduate program.  Peserta interview sejumlah 35 orang yaitu 1 orang dari UI, 31 orang dari UB, 1 orang dari UGM dan 2 orang dari ITS.

Membuka pemaparannya Prof. Deron menyampaikan informasi tentang profil NCU yang telah berdiri sejak tahun 1915. NCU memegang beberapa predikat meliputi No. 4 Best Global Universities di Taiwan, No. 2 Publication in Nature Science dan No. 391 versi QS World University Ranking. Hingga kini NCU memiliki total 900 professor dan researcher yang mengajar lebih dari 12.000 mahasiswa. NCU memiliki delapan fakultas/collage dan 23 departments. Delapan fakultas yang ada meliputi collage of liberal arts, collage of hakka studies, collage of science, collage of engineering, collage of management, collage of electrical engineering and computer science, collage of earth science, collage of health science and technology.

Bagi lulusan FILKOM yang ingin melanjutkan studinya di NCU dapat bergabung dengan College of Electrical Engineering and Computer Science yang memiliki tiga departments dan 1 graduate institute. Adapun departments dan institute itu meliputi departments of electrical engineering, departments of communication engineering dan departments of computer science and information engineering, serta graduate institute of network learning technology. Biaya pendidikan yang harus dibayarkan selama menempuh studi di NCU berbeda untuk undergraduate program dan graduate program. Untuk undergraduate program mahasiswa hanya perlu membayar tuition fee yang berkisar antara USD 1.406 – USD 1.621, tergantung pada collage dan departments yang dipilih. Sementara untuk mahasiswa graduate program harus membayar tuition fee yang berkisar antara USD 369 – USD 819 serta credit fee berkisar antara USD 97 – USD 154/credit.

02_Kunjungan_NCU_Taiwan_2017Namun bagi mahasiswa dan dosen UB yang mengikuti seleksi interview dengan Prof. Deron kali ini dan lolos seleksi akan mendapat NCU Scholarship dengan manfaat pembebasan tuition fee dan credit fee serta mendapatkan fasilitas monthly allowance. Hal ini sebagai bentuk tindaklanjut kerjasama antara UB dan NCU Taiwan yang terjalin sejak tahun 2010 lalu. Disampaikan oleh Prof. Deron bahwa terdapat dua macam beasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studinya di NCU. Pertama adalah Taiwan Scholarship yang diberikan oleh pemerintah Taiwan umumnya bagi mahasiswa doktoral. Pengajuan aplikasi untuk beasiswa ini dibuka pada 1 Januari – 31 Maret setiap tahunnya. Manfaat yang didapat dari beasiswa ini adalah pembebasan dari pembayaran tuition dan credit fee, serta monthly allowance senilai USD 645 bagi kandidat yang lolos seleksi. Kedua adalah NCU Scholarship yang memberikan manfaat pembebasan dari pembayaran tuition dan credit fee, serta monthly allowance senilai USD 500 bagi master students dan USD 1000 bagi doctoral students. Pengajuan aplikasi untuk beasiswa ini dapat dilakukan secara online melalui admissions.oia.ncu.edu.tw dan memilih degree program application pada bagian kanan bawah website. [dna]

 

 

 

 

 

Share