01_Sambutan_Dr_Harja_dari_PILKOM_ULM_Banjarmasin
15:09

Kunjungan Benchmarking Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Puluhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer (PILKOM), Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (3/5/2018). Disampaikan oleh Dr. Harja Santanapurba, M.Kom, selaku Sekretaris Prodi PILKOM ULM bahwa kunjungan tersebut dilakukan dengan beberapa tujuan yaitu untuk silahturahmi sekaligus melakukan benchmarking dengan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) di FILKOM terkait pengelolaan bidang kemahasiswaan, tugas akhir mahasiswa dan laboratorium serta upaya penyelenggaraan asosiasi perguruan tinggi bidang pendidikan ilmu komputer.

“Selain silahturahmi, kami juga ingin melakukan benchmarking dengan Prodi PTI FILKOM. Karena sebentar lagi kami akan ada akreditasi, jadi kami ingin mempelajari bagaimana pengelolaannya di FILKOM. Harapannya dari benchmarking itu kami bisa mengadaptasi dan memperbaiki kekurangan di prodi kami,” ujar Dr. Harja dalam sambutannya.

02_Kunjungan_PILKOM_ULM_BanjarmasinMenyambut baik hal tersebut Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi FILKOM memberikan paparan singkat terkait FILKOM dalam sambutannya. Paparan tersebut khususnya tentang Jurusan Sistem Informasi dan Prodi PTI. Dijelaskan oleh Herman bahwa PTI FILKOM baru berdiri selama tiga tahun. Karenanya hingga saat ini belum memiliki lulusan. Meski demikian berbagai panduan terkait tugas akhir, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) serta Praktek Kerja Lapangan (PKL) telah disusun dan diterapkan.

Setelah pembukaan, acara kemudian dilanjutkan secara paralel dibagi dalam dua kelompok kegiatan. Dimana kegiatan pertama diikuti oleh mahasiswa PILKOM ULM di gedung H dengan dipandu oleh BEM FILKOM dan salah satu dosen FILKOM, Tibyani, S.T., M.T. Dalam kegiatan itu mahasiswa peserta kunjungan yang hadir mendapat paparan yang lebih detil tentang sejarah, sistem pembelajaran, sarana prasarana serta prestasi FILKOM. Selain itu peserta kunjungan juga berkesempatan untuk melakukan diskusi dengan anggota BEM FILKOM tentang pengelolaan organisasi kemahasiswaan di FILKOM.

03_Benchmarking_PILKOM_ULM_dengan_PTI_FILKOM_UBSementara itu kegiatan kedua diikuti oleh dosen PILKOM ULM di lantai 7 gedung F FILKOM dengan dipandu oleh Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Prodi PTI. Dalam kesempatan tersebut Satrio beserta dosen PTI lainnya yang mendampingi berbagi informasi tentang penerapan kurikulum, aturan pelaksanaan PPL dan PKL, serta pengelolaan tugas akhir mahasiswa PTI. Mengenai kurikulum dijelaskan oleh Satrio bahwa yang membedakan PTI dengan prodi lainnya di FILKOM, yaitu setiap semesternya di PTI selalu ada mata kuliah bermuatan pendidikan seperti pengantar filsafat ilmu pendidikan, teori belajar dan pembelajaran, pengembangan sumber belajar dan lain sebagainya. Selain itu mahasiswa prodi PTI juga diwajibkan untuk melakukan PPL dan PKL di akhir masa studinya. Untuk PPL atau praktek mengajar prodi PTI FILKOM telah bekerjasama dengan beberapa SMA/SMK sederajat di Kota Malang.

 

 

 

Share