01_Kuliah_umum_inkubasi_bisnis_technopreneurship
16:48

Kuliah Umum Inkubasi Bisnis Technopreneurship 2017

Untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas startup bidang digital marketing, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan kuliah umum inkubasi bisnis technopreneuship pada Sabtu (28/10/2017). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa FILKOM tentang teknologi, internet dan digital marketing, serta meningkatkan kreativitas dan mendorong mahasiswa agar lebih aktif berwirausaha mandiri.

Tibyani, S.T., M.T. selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan perwujudan visi misi UB sebagai universitas yang mencanangkan diri menuju Entrepreneurial University. Pemateri yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut terdiri atas praktisi dan akademisi yaitu Teguh Wahyudi, S.P., MSc. selaku CEO Sariraya Halal Food, Co Ltd Japan, Moch. Guntur Nur Happy selaku CEO Sekolah Digital Indonesia (SDI) dan Tibyani sendiri selaku perwakilan dari akademisi FILKOM. Dalam kegiatan itu Teguh berkesempatan memberikan materi tentang prospek bisnis halal food online di Jepang. Sementara Moch. Guntur berbagi informasi tentang perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di era digital dan pemanfaat sosial media serta mobile application dalam digital marketing. Tibyani sendiri memberikan materi tentang etika profesi yang berlaku dalam dunia digital marketing.

02_Teguh_Wahyudi_saat_pemaparan_materiDijelaskan oleh Moch. Guntur bahwa hasil penelitian Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, DBS Vickers, kini Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar ASEAN. Indonesia bahkan melampaui Thailand dan Singapura dengan nilai transaksi US$ 1,1 Milyar pada tahun 2014. Meski menghadapi sejumlah tantangan, potensi e-commerce Indonesia semakin besar seiring peningkatan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya peluang bisnis dalam digital marketing masih terbuka luas. Digital marketing sendiri merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen dengan strategi ‘reach the right person, in the right time, with the right content’. Media digital terbukti sangat efektif untuk melakukan pemasaran produk. Terbukti bahwa beberapa media elektronik lain seperti radio, televisi, internet dan iPhone membutuhkan waktu 3 – 38 tahun untuk bisa mencapai 50 juta pengguna. Sementara facebook hanya butuh waktu kurang dari 1 tahun untuk menarik minat 50 juta pengguna. Untuk memulai usaha bidang digital marketing maka hal penting yang harus diperhatikan adalah branding. Branding sendiri berperan dalam menentukan, menjanjikan dan menyampaikan satu pengalaman unik dari brand/merek yang dibuat secara konsisten. Branding berfungsi membedakan brand/merek anda dari pesaing lain.

03_Serah_terima_cinderamata_dengan_Moch_GunturSementara itu dalam pemaparannya Tibyani menyampaikan bahwa terdapat beberapa etika bekerja dalam bisnis yang harus dipegang oleh para pengusaha. Antara lain memegang teguh etika dan moral bisnis berupa perilaku yang baik, jujur, dapat dipercaya, toleran, konsekuen terhadap perjanjian dan selalu menjaga jaminan produk. Jaminan produk sendiri dijelaskan Tibyani emncakup dua aspek. Pertama aspek material meliputi mutu bahan, mutu pengobatan dan mutu penyajian. Kedua adalah aspek non material yang mencakup halal, higienis dan kepatutan dalam penyajian menurut ajaran agama. [dna]

 

 

 

Share