01_kultam_daring_RPA
11:42

Kuliah Umum Daring “Robotic Process Automation” Bersama PT. Mitra Inovasi Teknologi

Fakultas Ilmu Komputer bekerjasama dengan PT. Mitra Inovasi Teknologi (PT. MIT) menyelenggarakan kuliah umum secara daring bertajuk “Introduction New Disruptive Technology: Robotic Process Automation” pada Sabtu, 25 April 2020 melalui Google Meet. Untuk diketahui PT. MIT merupakan partner UiPath, sebuah platform Robotic Process Automation (RPA) No. 1 di dunia saat ini. Dalam kesempatan itu materi disampaikan oleh Kris Sujatmoko selaku Direktur PT. MIT sekaligus Lead Instructor UiPath Academic Alliance. Acara dipandu oleh salah satu dosen FILKOM UB Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. yang berperan sebagai moderator. Acara diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa FILKOM dan fakultas lain yang ada di UB.

02_kultam_daring_RPABeberapa kegiatan yang dilakukan pada acara itu antara lain penyampaian materi tentang pengertian RPA, Prospek RPA di Indonesia, UiPath sebagai RPA platform software dan kemudian ditutup dengan Student Challenge. Dijelaskan oleh Kris bahwa RPA adalah Software Robot/Automasi untuk semua jenis pekerjaan rutin manusia. Beberapa pekerjaan yang dapat dengan mudah dikerjakan oleh robot antara lain log in pada berbagai aplikasi, memindahkan files dan folders, membaca dan menulis untuk databases, menghapus data dari web, melakukan koneksi ke sistem APIs, mengekstrak konten dari dokumen, PDF, email dan forms, membuka email dan lampiran serta melakukan perhitungan. Kris melanjutkan dengan memberi contoh berbagai proses di perusahaan yang dapat diotomasi, meliputi HR Services, Supply Chain, Finance and Accounting dan IT Services.

03_kultam_daring_RPAProspek perkembangan RPA di masa datang sangatlah besar. Bahkan dari hasil laporan jurnal “McKinsey & Company” pada September 2019 yang berjudul “Automation and the future work in Indonesia” disebutkan bahwa 16% aktivitas pekerjaan saat ini di Indonesia diprediksi akan diotomasi pada tahun 2030. Artinya sebanyak 23 juta pekerjaan akan hilang digantikan otomasi. Hal serupa juga tertuang dalam tulisan di World Economic Forum (https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2018) dimana disebutkan bahwa lebih dari 54% tenaga kerja akan memerlukan re-skilling pada 5 tahun mendatang. Beberapa kemampuan atau keterampilan yang akan dibutuhkan di masa lima tahun mendatang berdasarkan LinkedIn Version adalah Artificial Intelligence, Robotic Process Automation (RPA) dan Workflow Automation.

Kris menjelaskan untuk pekerjaan pada area otomasi (RPA) yang bisa digeluti meliputi RPA Developers, Citizen RPA Developers, RPA Users, RPA Business Analysts, RPA Solution Achitects, RPA Infrastructure Engineers, RPA Educators, RPA Project Managers dan RPA Consultants. Untuk bisa memperdalam pengetahuan di bidang RPA UIPath telah meluncurkan UiPath Academy pada 17 April 2017, yaitu e-learning platform RPA yang bisa diakses secara gratis atau “free of charge”. Hingga saat ini UiPath Academy sudah memiliki 290.000 student yang teregistrasi lebih dari 160 negara. Konten yang tersedia disajikan dalam Bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Spanyol dan Rusia. Untuk bisa memanfaatkan platform ini dapat dengan cara mengakses academy.uipath.com. [dna]

 

 

 

Share