kultam-equnix
15:20

Kuliah Tamu Opensource Technopreneurship Bersama PT. Equnix Business Solution

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan kuliah tamu Open Source Technopreneurship : Sosialisasi implementasi open source dalam dunia perbankan dan bisnis bersama PT. Equnix Business Solution pada Rabu (21/3/2018) di ruang H1.6. Kuliah tamu ini diisi oleh CEO PT. Equnix Business Solution, Julyanto Sutandang dan dibuka oleh ketua jurusan Sistem Informasi, Dr. Eng Herman Tolle S.T., M.T. Pada sambutannya Herman menyampaikan pentingnya perkembangan dunia IT dalam bisnis dan perbankan, sehingga pemanfaatan open source sangat dibutuhkan. PT Equnix sebagai praktisi open source dalam bidang bisnis dan perbankan dianggap mampu membagikan pengalaman dan kemampuan pengembangan open source dalam bidang bisnis dan perbankan.

Julyanto dalam paparannya menjelaskan tentang keunggulan penggunaan open source dalam bisnis dan perbankan, dimana open source memberikan kelebihan kontrol dan independensi yang maksimal. Tanpa adanya lisensi dan kepemilikan, platform open source memberikan nilai lebih dalam pengembangan dan inovasi yang diberikan. Equnix mencatat, penggunaan platform open source linux / postgreSQL mencapai 5-10 trilliun rupiah per tahun. Hal tersebut menandakan bahwa platform open source tidak kalah bersaing dengan platform berlisensi.

kultam-equnix-2Dijelaskan pula kisah kisah sukses perusahaan perusahaan besar di indonesia yang menggunakan platform open source dimana mereka mampu menghemat hingga jutaan US dollar dalam sistem teknologi informasi mereka. Diantaranya bank Mandiri, Bank BJB, Bank Danamon, SKK Migas, Exxon Mobil, Transmart, First Media, dan banyak lagi perusahaan pengguna platfrom open source. PT Equnix sendiri merupakan salah satu perusahaan konsultan teknologi berbasis open source terbaik di ASEAN yang bergerak di bidang bisnis, perbankan, retail, telekomunikasi, dan sebagainya. Diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini mampu memberikan gambaran bagi mahasiswa FILKOM UB akan peluang dan perkembangan dunia teknologi informasi dan bisnis yang berbasis pada platform open source.

 

Share