kultam-volantis
14:09

Kuasai Big Data, Kuasai Revolusi Industri 4.0 Bersama Volantis Technology di FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Kuliah Tamu bersama PT. Volantis Technology Indonesia pada rabu (24/4). Kuliah tamu dengan judul Kuasai Big Data, Kuasai Revolusi Industri 4.0  ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dari lingkungan civitas FILKOM UB. Bertempat di ruang H 1.6 gedung H FILKOM, kuliah tamu diisi oleh Tubagus Dhafin S.Si. selaku Data Scientist dan Puji Suharmanto M.Si, Business Dev Manager di PT Volantis Technology Indonesia. Diawali dengan sambutan oleh Wakil Dekan I FILKOM UB, Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Volantis Technology Indonesia yang berkenan memberikan kuliah tamu di FILKOM UB.

Sesi Pertama materi kuliah tamu yang di moderatori oleh Wibisono Sukmo Wardhono, S.T, M.T. diawali oleh Tubagus Dhafin S.Si yang memberikan penjelasan singkat tentang big data, disertai metode yang dapat digunakan, serta studi kasus dari contoh penggunaan metode tersebut. Contoh metode yang dijelaskan adalah machine learning untuk data citra, teks, dan reinforcement learning. Di akhir sesi dijelaskan platform Volantis.

kultam-volantis-2Pada sesi berikutnya diisi oleh Puji Suharmanto M.Si, Business Dev Manager Volantis Technology Indonesia yang menyampaikan materi mengenai dampak big data dan kecerdasan buatan pada bidang sosial dan bisnis. Sebagai contoh terdapat kendala kesalahan prediksi pemerintah selama 20 tahun terhadap panen padi dan konsumsi beras (tempo, 2018) dan BPK menemukan kesalahan manajemen pada import bahan makanan karena tidak ada sinkronisasi antar kementrian (Kontan, 2018). Dengan adanya big data dan kecerdasan buatan, maka permasalahan seperti kesehatan, makanan, ekonomi, dan smart city dapat diatasi. Sebagai contoh Kota San Jose digadang-gadang menjadi kota yang paling inovatif di Amerika karena menerapkan big data dan kecerdasan buatan. Sesi ini kemudian diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta.

Volantis sendiri merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang Data Unified Infrastructure dan AI - Machine Learning Dengan Visi perusahaan “We build supercluster of billions data to answer humanity biggest problems. From predicting terrorist attack to finding the cure for cancer” dan misi “Turning world scattered data into meaningfull insight”. Volantis berharap untuk lulusan FILKOM UB memiliki kemampuan adaptasi tinggi,  punya daya juang untuk terus belajar hal baru, soft skill yg baik dan diharapkan bisa lahir talent Data Scientist, AI Trainer, Data Engineer, UI/UX Designer, Software Architect, dan Software Engineer.[mad]

Share