01_Budiono_Darsono
17:07

Knowledge Sharing dan Pengenalan Academy Development Program oleh Kumparan.com

Kumparan.com salah satu media online di Indonesia menyempatkan hadir di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) untuk berbagi pengetahuan khususnya di bidang teknologi dengan mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Tamu bertajuk “Technology to Shape the Future of Media” pada Senin (23/4/2019). Perwakilan Kumparan.com yang dihadirkan sebagai pemateri adalah Budiono Darsono (President Commissioner), Thomas Diong (Chief Product & Data), Ferdian (VP Engineering) dan Andhika Ventausa (Front End Engineer).

Dalam paparannya Budiono menyampaikan bahwa visi misi Kumparan.com adalah menjadi media online yang mampu menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik serta ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Budiono menjelaskan bahwa Kumparan.com memiliki kelebihan dibanding media online lainnya, dimana Kumparan.com adalah media online pertama di Indonesia yang menyajikan berita dan informasi secara personalisasi. Dimana berita yang ditampilkan pada halaman muka yang dibuka oleh pembaca satu dengan pembaca lainnya akan berbeda-beda, tergantung pada berita atau informasi apa yang sering diakses oleh pembaca.

Selain itu Budiono juga menjelaskan tentang bagaimana sistem kerja yang diberlakukan di perusahaannya. Kumparan.com menerapkan sistem penyampaian ide flat organization dimana tidak hanya atasan saja yang memberikan ide bagaimana suatu proyek harus dieksekusi, tapi seluruh karyawan yang terlibat bisa bersama-sama saling melengkapi ide untuk sebuah proyek. Disamping itu sistem kerja bagi para engineer di Kumparan.com berlaku remote working, dimana pekerjaan para engineer dapat dilakukan secara remote atau dimana saja tanpa perlu hadir di kantor Kumparan. Penilaian kinerja juga dilakukan berdasarkan hasil kinerja masing-masing engineer bukan penilaian kehadiran langsung di kantor.

02_sesi_kedua_tanya_jawabSementara itu ketiga pembicara lainnya dilibatkan dalam sesi kedua sharing knowledge, dimana para peserta kuliah tamu dapat memberikan pertanyaan terkait bidang yang digeluti oleh masing-masing pembicara. Sesi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta dengan menyampaikan berbagai pertanyaan untuk menggali berbagai informasi yang bermanfaat untuk menunjang studinya.

Bagi para lulusan bidang Information and Technology (IT) Kumparan membuka kesempatan untuk bergabung melalui Kumparan Academy Development Program. Program ini adalah rangkaian pelatihan yang menjaring para mahasiswa aktif dan lulusan muda dari seluruh penjuru Indonesia. Pendaftaran dibuka mulai 15 April - 31 Mei 2019. Tahapan seleksinya meliputi pendaftaran melalui website academy.kumparan.com, online skill test, wawancara dan pengumuman peserta terpilih.

Untuk infomasi lebih lanjut serta pendaftaran online dapat diakses di academy.kumparan.com. [galih/dna]

 

 

Share