01_ttd_kerjasama_abundent(1)
16:19

Jurusan Teknik Informatika Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Abundent Sdn. Bhd.

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JTIF FILKOM UB) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Abundent Sdn. Bhd. pada Rabu (21/11/2018). Abundent adalah perusahaan Digital Transformation dan Big Data Analytics berkantor pusat di Malaysia. Abundent membantu perusahaan dan startup untuk memperbaiki produk serta layanannya dengan cara menerapkan modernisasi pada IT infrastructure dan pelatihan.

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilaksanakan di ruang meeting lantai 5 gedung F FILKOM UB. Dihadiri oleh Dinar Hana Sadriyantien Wahyuni, M.T. selaku CEO Abundent Sdn. Bhd., Ketua Jurusan Teknik Informatika, Kepala Program Studi dan Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD). Dalam sambutannya di awal acara, Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai realisasi dari MoU yang telah ditandatangani FILKOM dan Abundent pada Juli 2018 lalu. Terdapat lima perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada kesempatan itu, meliputi perjanjian kerjasama tentang penyelenggaraan Kuliah Tamu, Internship, Pelatihan, Rekrutmen Lulusan dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lingkungan Jurusan TIF. Setiap proses teknis bidang kerjasama diuraikan dengan detil pada masing-masing perjanjian. Sebagai contoh pada penyelenggaraan kuliah tamu, rencananya akan diselenggarakan minimal satu kali dalam satu semester. Sedangkan untuk internship diadakan paling tidak satu kali dalam satu semester dengan lama waktu intership antara empat hingga enam bulan.

Perjanjian kerjsama PKL juga dibuat dengan tujuan agar objek PKL bisa sesuai dengan bidang minat studi mahasiswa FILKOM. Sehingga kemudian mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan eksplorasi teori yang sudah didapat di bangku kuliah dan memahami bagaimana implementasinya di lapangan.

“Harapannya dari PKL bisa sekaligus mendapat topik skripsi dan untuk semua perjanjian kerjsama ini bisa menjadi portfolio untuk perkembangan institusi,” jelas Tri Astoto.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini kemudian ditutup dengan pembicaraan lebih lanjut tentang implementasi perjanjian kerjasama. Dimana dalam waktu dekat kegiatan kerjasama yang akan segera diselenggarakan adalah pelatihan bersertifikat Data Science with Python. Rencananya akan diselenggarakan pada 26 – 28 November 2018. [dna]

 

 

 

Share