01_engineer_GOJEK_yang_juga_alumni_FILKOM_UB
11:20

HOLOGY Student Academy Kerjasama BCC FILKOM UB dan GOJEK

HOLOGY Student Academy adalah acara yang berfokus pada pembelajaran dan pelatihan mahasiswa mengenai dunia Information Technology (IT).  Acara ini adalah hasil kolaborasi antara Basic Computing Community (BCC), salah satu komunitas yang ada di FILKOM UB dan GOJEK yang merupakan platform terbesar di Indonesia. Acara yang berlangsung selama dua hari pada 19 – 20 Oktober 2019 pukul 09.00 - 18.00 ini bertempat di Fakultas llmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB).

Tidak tanggung-tanggung, GOJEK mendatangkan langsung tiga engineernya untuk berbagi pengetahuan dengan para peserta. Mereka adalah Andri Suranta Ginting (Product Engineer), Ahmad Kamil Almasyhur (Product Engineer) dan Haidar Muhammad Albaqir (Backend Engineer). Acara HOLOGY Student Academy ini dihadiri oleh 24 peserta yang telah lolos beberapa tahap seleksi sebelumnya.

01_hology_student_academyHOLOGY Student Academy kali ini yang mengangkat tema "How GOJEK Manages Engineering at Scale" bertujuan memberikan mahasiswa atau praktisi muda pengetahuan tentang praktik industri teknologi, terutama dalam GOJEK. Dari acara ini diharapkan pula para peserta dapat memiliki gambaran yang lebih besar tentang bagaimana industri teknologi menjalankan atau melaksanakan kegiatan industrinya.

Pada hari pertama terdapat beberapa sesi materi yang dilakukan. Terdapat lima bahasan topik meliputi pengenalan kultur Software Engineering di GOJEK dan informasi penggunaan GIT Version Control System. Materi tentang kultur Software Engineering di GOJEK mencakup penjelasan tentang bagaimana para developer dapat menghandle sistem yang kompleks dan berskala besar termasuk penyampain materi tentang Pair Programming Culture, Everyone codes, Walks the Talks, Every decision is correct at the time it is made, Every one is Unique, Menjadi programmer dan Test Driven Development. Sementara itu informasi mengenai penggunaan GIT Version Control System meliputi pemaparan tentang What is Gradle, Non-Negotiable Etiquette (NNE) yaitu suatu aturan yang disepakati untuk tidak boleh dilanggar dan Test Driven Development (TDD).

01_sesi_playing_agile_development_with_legoPada hari kedua terdapat dua sesi materi serta games yang dilakukan. Pertama materi tentang Clean Code dan Kedua Playing Agile development with Lego. Selama acara berlangsung, pemateri yang merupakan engineer GOJEK memberi banyak bimbingan pada peserta untuk mengatasi error dan trouble lainnya. Penyampaian materi juga dibalut dengan berbagai hal menyenangkan, seperti diskusi dan games. Hal ini dilakukan agar pemahaman para peserta semakin meningkat tentang aturan-aturan dalam proses membuat produk. [aci/dna]

 

 

 

 

 

Share