01_Mahasiswa_Magister_FILKOM_UB_di_ICACSIS_2017
15:05

Grup Riset Sistem Cerdas Ramaikan Konferensi ICACSIS 2017

Empat paper penelitian mahasiswa Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terpilih untuk dipresentasikan dalam International Conference on Advanced Computer Science and Information System (ICACSIS) 2017 yang digelar di Mercure Convention Center, Jakarta (28-29/10/2017). Empat paper tersebut merupakan hasil penelitian dari Tirana Noor Fatyanosa, Diny Melsye Nurul Fajri, Ruth Ema Febrita dan Triando Hamonangan Saragih. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dari grup riset sistem cerdas dibawah bimbingan Wayan Firdaus Mahmudy, Ph.D. dekan sekaligus salah satu dosen FILKOM UB mendapat reaksi positif dari partisipan pada konferensi tersebut. Selain itu dua dari empat presenter penelitian berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Session Presenter ICACSIS 2017. Mereka adalah Ruth Ema Febrita sebagai presenter terbaik di session III dan Tirana Noor Fatyanosa sebagai presenter terbaik session VI. Dengan adanya kesempatan seperti ini diharapkan dapat memacu semangat civitas akademika untuk berkarya dan saling bertukar pikiran di bidang teknologi informasi.

02_Tirana_dan_Ruth_sebagai_Best_Session_PresenterUntuk diketahui, konferensi internasional ICACSIS ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI)  dengan tujuan untuk mempertemukan para peneliti dan praktisi industri guna berbagi ide baru, hasil penelitian, dan pengalaman pengembangan praktis dalam area yang berkaitan dengan Computer Science and Information Systems. Makalah ilmiah yang diterima dan dipresentasikan pada ICACSIS 2017 akan dimuat dalam Proceeding of ICACSIS 2017 yang terindeks Scopus dan IEEE Xplore . ICACSIS 2017 memungkinkan peneliti untuk mengikutsertakan makalah ilmiah yang meliputi dua track topik keminatan, yakni Computer dan Information Systems. Topik penelitian meliputi Computer Networks, Machine Learning, Distance Learning, Computer Vision, e-Government and e-Business dan lain sebagainya

Pada ICACSIS 2017 terdapat enam pembicara yang dihadirkan, yaitu Prof. Taku Komura (University of Edinburgh, UK), Asocc. Prof. David Taniar (Monash University, AU), Prof. Norimichi Ukita (Toyota Technological Institue, JP), Prof. Xue Li (University of Queensland, AU), Jan Pidanic, Ph.D (University of Padubrice, CZ), dan Prof. Heru Suhartanto (Universitas Indonesia, ID). Dalam ICACSIS 2017 juga terdapat dua sesi forum group discussion (FGD). FGD pertama bertemakan The Role of ICT on Indonesian Maritime (Peran ICT dalam Maritim Indonesia) yang dibuka dengan presentasi dari Kombes Pol Drs. E. Brata Mandala (Badan Keamananan Laut Republik Indonesia) dan Adila Alfa Krisnadhi, S.Kom., M.Sc., Ph.D (Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia). Sementara FGD sesi kedua mengangkat tema Integrated Telehealth System (Challenges, Prospects and Benefits) yang dibuka dengan presentasi dari beberapa pembicara Fakultas Kesehatan UI. [triando/dna]

Berikut adalah daftar paper hasil penelitian empat mahasiswa grup riset Sistem Cerdas, Magister Ilmu Komputer FILKOM UB yang diikutsertakan dalam ICACSIS 2017:

NO

NAMA

JUDUL

KETERANGAN

1

Tirana  Noor Fatyanosa

Extracting Fuzzy Rules and Parameters Using Particle Swarm Optimization for Rainfall Forecasting

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekstraksi aturan dan parameter fuzzy menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO) dari data curah hujan dan data Oceanic Nino Index (ONI) untuk meramal curah hujan.

2

Diny Melsye Nurul Fajri

Optimization of FIS Tsukamoto using Particle Swarm Optimization for Dental Disease Identification

Penelitian ini bertujuan sebagai sistem rekomendasi dalam melakukan deteksi penyakit gigi berdasarkan gejala menggunakan pendekatan Particle Swarm Optimization (PSO) dengan teknik optimasi dari metode FIS.

3

Triando Hamonangan Saragih

Genetic Algorithm for Optimizing FIS Tsukamoto for Dental Deases Identification

Penelitian ini bertujuan sebagai sistem rekomendasi dalam melakukan deteksi penyakit gigi berdasarkan gejala menggunakan pendekatan Algoritma Genetika dengan teknik optimasi dari metode FIS.

4

Ruth Ema Febrita

Data-driven Fuzzy Rule Extraction for Housing Price Prediction in Malang, East Java

Penelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi aturan dan parameter fuzzy berdasarkan data dengan memanfaatkan metode clustering dan membuat model prediksi dengan menggunakan Fuzzy Inference System.

 

 

 

 

Share