01_Workshop_SPMI_dan_PTK_AIM
09:57

GJM FILKOM Selenggarakan Workshop SPMI dan PTK AIM Sebagai Sarana Perbaikan Mutu

Gugus Jamin Mutu (GJM) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Perbaikan Tindakan Koreksi (PTK) Audit Internal Mutu (AIM) pada Sabtu – Minggu (25-26/8/2017). Disampaikan oleh Rekyan Regasari Mardi P, S.T.,M.T selaku ketua pelaksana sekaligus ketua GJM FILKOM UB bahwa workshop ini diselenggarakan sebagai sarana perbaikan mutu dengan melakukan perbaikan tindakan koreksi atas temuan AIM siklus 15 yang telah dilakukan tahun 2016 lalu. Selain itu workshop tersebut juga sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan terkait pengelolaan penjaminan mutu dalam proses kinerja dan manajemen di FILKOM.     

Pada hari pertama workshop diisi dengan penyampaian materi oleh beberapa pembicara. Adapun empat orang yang didaulat sebagai pembicara pada kesempatan tersebut adalah (1) Prof. Agus Suman, S.E.,DEA salah satu guru besar di UB sekaligus tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), (2) Dr. Shinta Hadiantina, S.H.,M.H selaku anggota bidang SPMI PJM UB, (3) Adharul Muttaqin, S.T.,MT selaku salah satu anggota tim pendamping akreditasi PJM dan (4) Rekyan Regasari MP, S.T.,MT.

02_Prof_Agus_Suman_saat_menyampaikan_materiMengawali sesi penyampaian materi Prof. Agus Suman berbagi pengetahuannya tentang Kebijakan Akreditasi BAN PT yang berlaku. Disampaikan oleh Prof Agus bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah adalah target minimum yang harus dicapai Perguruan Tinggi. Sementara untuk mengoptimalkannya, setiap perguruan tinggi dapat menentukan tambahan standar sendiri untuk dipenuhi disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing perguruan tinggi.

Kemudian pada sesi selanjutnya Dr. Shinta berkesempatan untuk berbagi pengetahuan tentang berbagai hal berkaitan dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Brawijaya (SPMI UB) yang belaku selama ini dan perubahaannya terkait implementasi kebijakan nasional. Sementara Adharul menyampaikan materi tentang peran fakultas dalam meningkatkan peringkat Perguruan Tinggi dan pada sesi akhir hari pertama Rekyan Regasari menutupnya dengan penyampaian materi tentang Penjaminan Mutu FILKOM dan Evaluasi PTK AIM.

Sementara itu pada hari kedua para peserta yang terdiri atas dosen dan karyawan dari berbagai unit yang terlibat dalam sistem penjaminan mutu di FILKOM dituntut untuk lebih aktif berpartisipasi dalam workshop. Dimana pada hari kedua tersebut agenda kegiatan meliputi (1) pemberian arahan perbaikan manajemen mutu dan kebijakan fakultas yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FILKOM Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, (2) konsultasi dengan pimpinan di unit masing-masing terkait PTK AIM 15 yang telah dikerjakan dan tindaklanjutnya, (3) diskusi perbaikan manajemen mutu di masing-masing unit dan (4) presentasi serta evaluasi tindakan perbaikan oleh perwakilan unit. 

 

 

 

Share