01_kuliah_tamu_GDP_Labs
13:45

GDP Labs Berbagi Wawasan Tentang IT Industry Pada Mahasiswa FILKOM

GDP Labs salah satu perusahaan Information Technology (IT) di Indonesia mengirimkan dua software development engineernya ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis (21/2/2019). Mereka adalah Wendy dan Raisa Anjani. Keduanya hadir di FILKOM untuk berbagi pengetahuan tentang IT Industry pada mahasiswa FILKOM dalam kegiatan kuliah tamu bertajuk “Introduction to IT Industry”.

Bertempat di gedung H FILKOM UB, Wendy dan Raisa secara bergantian menyampaikan beberapa materi meliputi perkenalan tentang GDP Labs, IT Industry dan pertumbuhannya, 10 Teknologi yang akan menjadi trend hingga beberapa tahun ke depan, Karir di bidang IT dan cara mempersiapkan diri untuk berkarir di dunia IT. Dijelaskan oleh Wendy bahwa GDP Labs adalah bagian dari PT. Global Digital Prima (PT. GDP) yang berkantor pusat di Jakarta. GDP Labs bertanggungjawab untuk melakukan inkubasi startups dan memberikan bantuan pada anak perusahaan lainnya yang juga berada di bawah naungan PT. GDP. GDP Labs memiliki dua produk utama yaitu CATAPA Apps dan Glair. CATAPA Apps adalah Intelligent Human Resources Platform. Sementara Glair adalah GDP Labs Artificial Intelligence Research.

Disampaikan oleh Wendy bahwa IT Industry terdiri atas beberapa bidang meliputi hardware, infrastructure, information, software, digital business dan service. Untuk bisa berkarir di salah satu bidang dalam IT Industry tersebut maka mahasiswa FILKOM disarankan untuk mulai mengasah kemampuannya di bidang IT, termasuk mulai mencari tahu tentang teknologi apa saja yang akan menjadi trend di masa mendatang. Dalam paparannya Raisa menyampaikan 10 teknologi yang akan menjadi trend hingga beberapa tahun ke depan. Teknologi tersebut meliputi autonomous things, augmented analytics, AI-Driven Development, Digital Twins/Digital Replica, Empowered Edge, Immersive Technologies, Blockchain, Smart Spaces, Digital Ethics and Privacy dan Quantum Computing. Untuk menambah wawasan di bidang IT termasuk trend teknologi tersebut di atas dapat dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain dengan rajin membaca buku bertema teknologi, mengikuti kuliah online, subscribe portal berita teknologi, praktek programming, mengikuti program magang, mengikuti kompetisi, ikut serta dalam seminar atau workshop teknologi dan belajar dari perusahaan IT.

“Magang di sebuah perusahaan IT akan membuat kalian bisa mempraktekkan segala teori yang kalian dapat diperkuliahan. Sehingga kemudian kalian akan lebih paham bagaimana penerapan teori tersebut di dunia nyata,” jelas Raisa.

02_kuliah_tamu_GDP_LabsDengan kemampuan yang memadai maka lulusan IT dapat berkarir mengisi berbagai posisi seperti product manager, security engineer, software engineer, system engineer, UI/UX Designer dan AI Engineer/Data Scientist. Di akhir sesi Wendy dan Raisa juga berbagi informasi terkait lowongan karir dan kesempatan magang di GDP Labs. Untuk lowongan karir yang saat ini ditawarkan adalah AI Engineer/Data Scientist, Product Manager, Software Development Engineer, System Engineer dan UI/UX Designer. Sementara itu untuk internship program (proogram magang) pelaksanaannya dapat dipilih salah satu dari beberapa kota tempat kantor cabang GDP Labs berada yaitu di Bali, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Informasi mengenai lowongan karir dan internship program ini secara lebih detil dapat diakses di career.catapa.com/gdplabs/jobs. [dna] 

 

 

Share