02_Karin_Kyutech
16:39

FILKOM UB Terima Mahasiswa Student Exchange dari Kyutech, Fukuoka, Jepang

Karin Kanemura, mahasiswa graduate program Department of Human Intelligence System, Kyusu Institute of Technology (Kyutech), Fukuoka, Jepang menjalani program student exchange di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) selama satu bulan (19/9/2019 – 18/10/2019). Program yang bernama International Mind Reinforcement Program ini adalah salah satu implementasi dari program kerjasama antara Kyutech dan FILKOM UB.

Selama empat minggu di FILKOM UB Karin belajar dan mendalami tentang python programming language untuk mendukung penelitiannya dalam bidang image processing. Disampaikan oleh Karin alasannya mempelajari bahasa pemrograman tersebut karena dirinya tidak menggunakan python language dalam penelitiannya selama di Jepang. Selama ini dirinya lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman C++.

01_pengenalan_python_programming_oleh_RandyDalam mempelajari python programming beserta berbagai tool yang mendukung bidang penelitiannya, Karin didampingi oleh salah satu dosen FILKOM UB Randy Cahya Wihandika , S.ST., M.Kom. Selama empat minggu tersebut Karin dibantu menginstall, memahami dasar python programming dan tool pendukungnya (contoh: openCV) serta mengimplementasikannya untuk penelitian yang berjudul “Walking Guidance on Crossroad for Blind”. Penelitian ini bertujuan membuat alat yang bisa mendeteksi adanya penyeberangan jalan (zebracross) dan kemudian mampu membantu memberi arahan dalam bentuk suara atau getaran device pada pengguna jalan yang tuna netra agar bisa sampai diseberang jalan dengan baik. Penelitian Karin ini diangkat karena di Jepang masih sering ditemukan penyeberangan jalan yang dibuat tanpa braille block yang fungsinya membantu penyandang tuna netra menyeberang jalan.

01_presentasi_hasil_penelitian_Karin“The guidance methods for example by sound or by vibration of devices attached to fingers. Moreover this research is also to seek and propose which sound is good and which pattern vibration that suitable,” jelas Karin.

Selain melakukan kegiatan akademik, dalam program ini Karin juga diberikan kesempatan untuk bisa mengenal Indonesia lebih jauh dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jawa Timur dan bersosialisasi dengan mahasiswa FILKOM UB. Karin telah mengunjungi Bromo, Coban Rondo dan Pantai Balekambang. Dirinya mengaku senang bisa mendapat kesempatan mengikuti program ini dan berharap suatu saat nanti bisa kembali mengunjungi Malang.

01_Karin_Kyutech“My first impression was that UB campus is very big. I thought if I walk around alone I can be lost. My favorit place is UB Kantin, because there are a lot of cheap and tasty food. Aku suka Cwiemie so much. Aku suka Malang dan UB. I am sad to leave. Terima kasih for everything. I had a great time with you and I hope I can come again in Malang,” ujar Karin yang juga sudah sedikit menguasai bahasa Indonesia. [dna]

 

 

 

 

Share