02_kunjungan_UII
16:32

FILKOM UB Terima Kunjungan Studi Banding Jurusan Teknik Informatika FTI UII

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) melakukan kunjungan studi banding ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Senin (22/10/2018). Nur Wijayaning Rahayu, S.Kom., M.Cs. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Informatika FTI UII mengungkapkan bahwa banyak hal yang ingin dipelajarinya dari FILKOM, mulai kurikulum yang diberlakukan, manajemen sumber daya manusia (SDM) hingga tentang hal – hal yang berkaitan dengan kemahasiswaan.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik yang kemudian juga memberikan paparan singkat tentang gambaran umum FILKOM UB. Penjelasannya mencakup sejarah FILKOM, jumlah mahasiswa dan dosen, sarana dan prasarana, jalur seleksi masuk yang berlaku serta berbagai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di FILKOM. Dari berbagai penjelasan tersebut, perwakilan UII tertarik dengan sistem penyelenggaraan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) di FILKOM yang mengangkat konsep pendampingan. Nur Wijayaning sempat menanyakan lebih detil mengenai bagaimana konsep pendampingan tersebut dilakukan dan berapa lama satu periode pendampingan itu dilakukan. Edy Santoso, S.Si, M.Kom. menjelaskan bahwa konsep pendampingan dilakukan dengan menugaskan seorang mahasiswa lama menjadi pendamping bagi sepuluh atau lebih mahasiswa baru selama satu semester. Tugas pendamping adalah memberikan informasi tentang berbagai hal terkait kehidupan di perguruan tinggi yang belum diketahui oleh para maba. Sebagai contoh menjelaskan mengenai sistem perkuliahan yang menggunakan sks, cara melakukan daftar ulang, bagaimana memilih dan mendaftar organisasi kemahasiswaan, bagaimana cara mengurus administrasi persuratan tertentu misalkan mengurus surat aktif kuliah dan lain sebagainya. Dengan bantuan para pendamping tersebut para mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan sistem perkuliahan lebih cepat.

01_kunjungan_UIISelain itu dibahas pula mengenai bagaimana cara membuat mahasiswa ikut aktif dalam melakukan penelitian atau mengikuti kompetisi ilmiah yang berkaitan dengan bidangnya. Dalam hal ini di FILKOM terdapat berbagai organisasi kemahasiswaan yang mewadahi keminatan mahasiswa. Antara lain Lembaga Semi Otonom (LSO) bidang seni dan olahraga, LSO open source, LSO bidang pembuatan karya ilmiah mahasiswa dan lain sebagainya. Dalam LSO tersebut mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dirinya dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain itu mahasiswa juga dapat memperoleh informasi terupdate tentang berbagai kompetisi untuk diikuti terkait keminatannya tersebut. [dna]

 

 

Share