kultam-formulatrix2
15:17

FILKOM UB Menggelar Kuliah Tamu Dan Penjajakan Kerjasama dengan PT. Formulatrix Indonesia

Fakultas Ilmu komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan Kuliah Tamu dan penjajakan kerjasama bersama PT. Formulatrix Indonesia pada senin (22/4). Kuliah tamu dengan judul Communication Protocol on Robotic Control System ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dari lingkungan civitas FILKOM UB. Bertempat di ruang H 1.6 gedung H FILKOM, kuliah tamu diisi oleh Afendy Guntur, ST selaku electronic engineering manager dan Julinurhadianto, R&D Electronic Manager di PT Formulatrix Indonesia. Diawali dengan sambutan oleh Sekretaris Jurusan Teknik Informatika, Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom, M.CompSc menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Formulatrix Indonesia yang berkenan memberikan kuliah tamu di FILKOM UB dan menyambut baik penjajakan kerjasama kedua belah pihak untuk kemajuan bersama.

kultam-formulatrixSesi utama materi kuliah tamu yang di moderatori oleh Rizal Maulana , S.T., M.T., M.Sc. diawali oleh Julinurhadianto yang memberikan pengenalan perusahan secara umum. Julinur meyampaiakan bahwa Formulatrix merupakan perusahaan yang berasal dari Massachutes, Amerika. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur robot yang diimplementasikan pada bidang farmasi dan medical. Beberapa produk dari perusahaan ini yaitu liquid handling, software and robotics for automating protein crystallization dan digital PCR. Formulatrix memiliki jumlah karyawan total 570 orang di seluruh dunia. Dimana 520 diantaranya adalah karyawan yang ada di Indonesia, tepatnya di kantor utama Salatiga dan Semarang. Dari jumlah karyawan tersebut, 40% merupakan karyawan di bidang R&D, karena memang riset menjadi landasan utama perusahaan ini.

Pada sesi berikutnya diisi oleh Afendy Guntur, ST yang menyampaikan materi mengenai Communication Protocol on Robotic Control System. Dimana pembahasannya spesifik pada CAN (Controller Area Network). Dalam implementasinya CAN memang banyak diimplementasikan pada medical instrument and equipment yang merupakan fokus utama dari Formulatrix. Dijelaskan juga bagaimana error handling pada CAN, yaitu dengan cara bit monitoring, bit stuffing, frame check, acknowledgment check dan cyclic redundancy check. Dan di akhir presentasi dijelaskan kelebihan CAN, diantaranya low cost, robust, efficient, flexible dan modular. Setelah menyelesaikan presentasi, Pak Affendy memberikan demo salah satu produk dari Formulatrix, yaitu MANTIS. MANTIS adalah salah satu robot yang mampu untuk meneteskan sebuah larutan dengan tingkat ketelitian dalam orde nanoliter. Alat ini biasanya digunakan oleh peneliti yang menggunakan bahan protein. Dimana bahan protein harganya sangat mahal, sehingga dalam penelitiannya dibutuhkan larutan dalam jumlah yang sangat sedikit. Sesi ini kemudian diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta.

kultam-formulatrix4Dengan Visi perusahaan “To enable scientific discoveries in proteomics and genomics for the advancement of a disease-free, hunger-free world”, Formulatrix berharap untuk lulusan FILKOM lebih mengedepankan “why”dalam menjalankan suatu project. Jadi mereka harus lebih memahami alasan dibalik penggunaan sebuah metode pada sebuah project.

Setelah kegiatan Kuliah tamu, dilanjutkan dengan penjajakan kerjasama antara PT. Formulatrix Indonesia dengan FILKOM UB. Penjajakan kerjasama berfokus pada 3 poin penting. Yaitu kesempatan PKL / Magang, dimana untuk masalah ini pihak Formulatrix menginginkan paling tidak mahasiswa bisa PKL selama 3 bulan. Kemudian juga terdapat penjajakan kerjasama di bidang kuliah tamu, sehingga mahasiswa maupun dosen mengerti perkembangan terkini yang ada di industri. Dan yang ketiga penjajakan kerjasama untuk rekruitmen mahasiswa lulusan FILKOM UB.

kultam-formulatrix3

Share