03_kunjungan_Perguruan_Tinggi_Jepang
14:01

FILKOM UB Jalin Kerjasama dengan Enam Perguruan Tinggi di Jepang

Dalam upaya meningkatkan kerjasama bidang akademik, riset dan kemahasiswaan dengan 6 (Enam) Perguruan Tinggi di Jepang, maka perwakilan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengunjungi negeri sakura tersebut pada 18 – 22 Februari 2019 lalu. Perwakilan FILKOM tersebut adalah Wayan Firdaus Mahmudy, Ph.D. selaku Dekan, Gembong Edhi Setyawan S.T., M.T. selaku Ketua Badan Pengelola Jurnal dan Konferensi dan Tibyani S.T., M.T. selaku Staf Ahli Wakil Dekan 3 Bidang kemahasiswaan untuk Internasionalisasi dan Pemeringkatan UB. Selain itu Direktur Program Pendidikan Vokasi UB Dr. Darmawan Ockto Sutjipto, M.Si. juga bergabung dalam kunjungan tersebut.

Enam perguruan tinggi di Jepang yang dikunjungi terdiri atas perguruan tinggi negeri/nasional dan swasta, meliputi (1) Chukyo University Nagoya, (2) Waseda University Tokyo, (3) Osaka University, (4) Hiroshima University, (5) Kyushu Institute of Technology dan (6) Kitakyushu University. Disampaikan oleh Tibyani bahwa pengiriman delegasi FILKOM tersebut terkait undangan Dean of Graduate School of Engineering dan Head of Electrical and Electronics Engineering, Chukyo University untuk pembahsan kerjasama.

01_kunjungan_Perguruan_Tinggi_Jepang“Kunjungan ke Jepang itu sebetulnya karena undangan dari Chukyo University untuk membahas kerjasama bidang akademik, riset dan kemahasiswaan. Tapi kemudian kita sekalian mengunjungi beberapa perguruan tinggi di sana untuk MoU dan juga menginformasikan pelaksanaan konferensi internasional FILKOM yang rencananya diadakan 28 sampai 30 September 2019 nanti,” jelas Tibyani.

02_kunjungan_Perguruan_Tinggi_JepangPada empat hari pertama delegasi FILKOM mengunjungi satu perguruan tinggi per harinya. Sementara pada hari terakhir delegasi FILKOM mengunjungi dua perguruan tinggi sekaligus, yaitu Kyushu Institute of Technology dan Kitakyushu University. Dalam kunjungan ke Chukyo University Nagoya, Waseda University Tokyo, Osaka University, Hiroshima University dan Kitakyushu University delegasi FILKOM bertemu dengan pimpinan di masing-masing perguruan tinggi. Pertemuan tersebut masing-masing membahas kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan antara kedua belah pihak. Selain itu juga untuk menginformasikan konferensi internasional yang akan diselenggarakan FILKOM September mendatang. Harapannya setelah kunjungan tersebut masing-masing perguruan tinggi dapat mengirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi dalam konferensi internasional FILKOM.

04_kunjungan_Perguruan_Tinggi_JepangSementara itu pada kunjungan di Kyushu Institute of Technology dilakukan penandatangan Memorandum of Understandinig (MoU) oleh Wayan Firdaus Mahmudy, Ph.D selaku Dekan FILKOM UB dan Profesor Tsuyoshi HANAMOTO, Ph.D. selaku Dean of Graduate School of Life Science and Systems Engineering, Kyushu Institute of Technology. MoU tersebut meliputi kesepakatan tentang pertukaran mahasiswa dan dosen serta karyawan kedua belah pihak (Students and Staff Exchange Agreement). Usai penandatanganan MoU acara dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai laboratorium yang ada di Kyushu Institute of Technology. Laboratorium tersebut meliputi Lab of Assistive Technology (Chikamune Wada-lab), Lab of Learning Theory of Higher-Order Self-Organizing Intelligence (Tetsuo Furukawa-lab), Lab of Internet of Thing/Ubiquitous (Sozo Inoue-lab) dan Lab of Neuronal Rhythm and Brain Computer Interface BCI (Natsume-lab).

Hasil dari kunjungan tersebut meliputi (1) pengiriman alumni S1 FILKOM UB untuk S2 di keenam Perguruan Tinggi di Jepang tersebut, (2) pengiriman dosen FILKOM UB untuk S3, (3) kerjasama publikasi jurnal dan konferensi, (4) mengundang profesor dari Jepang untuk kuliah tamu Program 3 in 1 World Class University (WCU) UB, (5) magang penelitian (riset) dalam jangka waktu 1 hingga 3 bulan di Jepang. Bagi yang berminat dengan program hasil kerjasama tersebut diatas, dapat menghubungi via email ke  tibyani@ub.ac.id. [dna]

 

 

Share