01_peresmian_digital_talent_abundent_filkom
16:01

FILKOM UB dan Abundent Sdn Bhd Berupaya Tingkatkan Kemampuan Masyarakat di Bidang IT

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bekerjasama dengan salah satu perusahaan Information Technology (IT) Malaysia Abundent Sdn Bhd berupaya meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi. Upaya tersebut tertuang dalam sebuah program bernama Digital Talent. Program Digital Talent merupakan kerjasama kedua belah pihak yang diresmikan pada Kamis (21/4/2019).

CEO Abundent Sdn Bhd Dinar Hana Sadriyantien Wahyuni, ST., MT. mengatakan bahwa program training Digital Talent ini rencananya akan dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis. Training yang diselenggarakan akan berfokus kepada tema Digital Transformation, yaitu Machine Learning dan Data Science sebagai salah satu konsekuensi Revolusi Industri 4.0 di era ini. Training akan diselenggarakan selama setahun ke depan dan akan dimulai sejak bulan Maret 2019. Ketua Jurusan Teknik Informatika FILKOM UB Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D mengatakan pelatihan akan diadakan dua hingga tiga kali dalam setiap bulannya.

02_pemateri_1“Selama ini trainer kita kebanyakan datangkan dari Malaysia. Tapi dengan kerjasama ini trainer nantinya akan diambil dari FILKOM UB. Sebelumnya trainer telah sharing materi dan mendapat pelatihan dari Abundent,” jelas Dinar.

Peresmian  Program Digital Talent ini ditandai dengan pemotongan pita di awal acara oleh perwakilan Abundent, Wakil Dekan II FILKOM dan Ketua Jurusan Teknik Informatika FILKOM. Dalam kesempatan tersebut FILKOM juga mengundang 36 perwakilan instansi di dinas pemerintahan, 21 Bank, 28 hotel dan 24 rumah sakit untuk mendapatkan sosialisasi terkait pentingnya penerapan keilmuan Information Technology (IT) pada berbagai lini pekerjaan. Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah para praktisi yang banyak bergelut langsung dengan berbagai masalah di lapangan yang perlu dipecahkan dengan IT.

03_pemateri_2Ada dua pemateri utama yang dihadirkan pada kesempatan tersebut yaitu Arief Andy Soebroto, S.T, M.Kom salah satu dosen FILKOM UB yang menyampaikan materi tentang gambaran seputar perkembangan keilmuan IT secara umum dan juga penerapan serta pentingnya penerapan IT dalam membantu pemecahan masalah di instansi terkait. Sementara itu pemateri kedua adalah yang menjelaskan tentang gambaran umum Program Digital Talent Abundent – FILKOM UB, termasuk timeline pelaksanaan serta diskusi terkait program tersebut.

 

 

 

Share