01_upacara_pembukaan
06:58

FILKOM Sambut 600 Lebih Mahasiswa Baru

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyambut 643 mahasiswa baru (maba) program sarjana (S1) pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2-MABA) tingkat fakultas, Rabu hingga Kamis (15-16/8/2018). Jumlah tersebut merupakan keseluruhan maba dari berbagai jalur masuk meliputi jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Seleksi Alih Program (SAP) dan Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD). Selain itu tahun ini juga tercatat sejumlah 24 mahasiswa lama ikut serta dalam PK2-MABA, karena tidak lulus pada PK2-MABA pada tahun sebelumnya.

PK2-MABA FILKOM yang diselenggarakan dua hari ini masih mengangkat konsep serupa dengan tahun lalu yaitu konsep pengenalan kehidupan kampus dengan pembimbingan dan tanpa kekerasan. Kegiatan ini dibuka dengan upacara penyambutan pada hari pertama. Upacara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Dekan FILKOM Wayan Firsaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Acara puncak berupa pemukulan gong oleh Dekan FILKOM dan penyematan tanda peserta oleh para maba sebagai tanda resmi dimulainya PK2-MABA 2018.

02_sesi_materi_studium_generaleUsai upacara penyambutan, para maba dibagi menjadi beberapa kelompok dan diarahkan untuk mengikuti materi di lobby gedung F dan ruang kelas. Materi pada hari pertama mencakup materi studium generale, proses akademik dan cara belajar di perguruan tinggi. Materi studium generale disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Informatika Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D dan Ketua Jurusan Sistem Informasi Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T. Berisi paparan gambaran umum FILKOM UB mulai sejarah berdirinya, pengenalan jajaran pimpinan hingga visi misi. Selain itu juga disampaikan beberapa materi motivasi bagi mahasiswa untuk bisa menjadi individu yang sadar akan perannya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk sosial.

Untuk materi proses akademik dan cara belajar di perguruan tinggi disampaikan oleh dosen – dosen FILKOM. Materi proses akademik meliputi paparan tentang peraturan akademik, kegiatan akademik bagi maba dan mahasiswa lama, ketentuan umum perkuliahan, beban studi mahasiswa, pelaksanaan pengajaran, penjelasan tentang Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS), evalusi studi mahasiswa, laboratorium, Penasehat Akademik, hingga kurikulum yang berlaku bagi masing-masing program studi yang ada di FILKOM. Materi tentang cara belajar di perguruan tinggi meliputi paparan tentang pemahaman tentang arti status sebagai mahasiswa, etika mahasiswa, kiat sukses kuliah serta kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa meliputi hard skill, soft skill dan attitude.

03_sesi_materi_di_kelasSementara itu hari kedua para maba masih mendapatkan materi di kelas, namun berbeda dari hari pertama. Materi hari kedua yang disampaikan oleh mahasiswa lama FILKOM meliputi sosialisasi buku panduan, organisasi mahasiswa, pola pikir mahasiswa, sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan pengenalan komunitas G-FORCE.

Perlu diketahui PK2-MABA FILKOM memperbolehkan pesertanya untuk membawa alat komunikasi. Namun pemakaiannya hanya diperbolehkan saat sesi istirahat atau jeda pergantian materi. Peserta justru dianjurkan untuk bisa melakukan foto bersama dengan teman satu kelasnya atau dengan pemateri, kemudian mengunggahnya di media sosial dengan #taketheaction. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menginformasikan pada masyarakat bahwa pengenalan kehidupan kampus atau yang banyak dikenal dengan sebutan ospek bukanlah hal yang menakutkan lagi atau identik dengan perpeloncoan. PK2-MABA FILKOM benar-benar dirancang untuk membekali para maba agar lebih siap memasuki masa peralihannya dari seorang siswa menjadi mahasiswa.

 

 

Share