01_Pemaparan_materi
14:02

FILKOM Persiapkan Akreditasi Ulang PS. Teknik Informatika

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mempersiapkan akreditasi ulang untuk Program Studi (PS) Teknik Informatika. Seperti diketahui PS. Teknik Informatika terakhir diperoleh tahun 2013 dengan akreditasi B. Karena itu disampaikan oleh Agus Wahyu Widodo, S.T, M.Cs selaku Ketua PS. Teknik Informatika pada akreditasi ulang kali ini target hasil yang ingin dicapai adalah akreditasi A.

“Prodi Teknik Informatika merupakan prodi tertua di FILKOM. Jadi penting untuk bisa mendapatkan akreditasi A supaya bisa memotivasi prodi yang lain untuk kemudian bisa mendapat akreditasi A juga,” ungkap Wiwid, panggilan keseharian Agus Wahyu Widodo.

Untuk menyamakan cara pandang sekaligus koordinasi persiapan akreditasi ulang tersebut, maka diselenggarakan kegiatan “Focus Group Discussion Persiapan Data Dukung dan Rekaman Akreditasi Ulang PS. Teknik Informatika” di gedung H FILKOM UB pada Sabtu (7/1/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan dosen dan karyawan yang terlibat dalam persiapan data dukung akreditasi PS. Teknik Infornatika. Sedangkan tiga orang yang ditugaskan menjadi pemateri pada kesempatan tersebut adalah Agus Wahyu Widodo, S.T, M.Cs, Wijaya Kurniawan S.T., M.T. dan Mochammad Hannats Hanafi Ichsan, S.ST., M.T.

02_FGD_persiapan_akreditasi_PS_TIFWiwid berkesempatan memberikan arahan mengenai penyiapan data dukung dan rekaman, sementara Wijaya menyampaikan strategi penyiapan dan Hannats Hanafi memaparkan identifikasi data dukung dan rekaman serta pembagian PIC dan tim yang bertugas mempersiapkan berbagai dokumen. Dalam paparannya Wiwid menjelaskan bahwa dalam akreditasi yang diperkirakan akan terlaksana dalam satu bulan ke depan tugas dari FILKOM adalah menunjukkan bukti – bukti atau data dukung dan rekaman kepada badan resmi yang ditunjuk oleh negara dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Terdapat tujuh standar yang akan diperiksa meliputi (1) visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian, (2) Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) Mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pendanaan, sarana, prasarana dan sistem informasi serta (7) Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Setelah pemberian materi dan pembagian tim serta tugas, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan koordinasi kelompok per standar yang dipimpin oleh masing-masing PIC standar. Anggota tim dijelaskan mengenai berbagai dokumen serta rekaman yang harus dipersiapkan dan kemudian dibagi personel yang bertanggung jawab mempersiapkannya. Seluruh tim memiliki waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkan dokumen baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Diharapkan berbagai persiapan tersebut dapat membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. [dna/pic by ratih]

 

 

 

Share