Pemenang_pertama_Citation_Award_2015
10:30

Dosen FILKOM Juara 1 Citation Award 2015

Dosen Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) kembali menorehkan prestasi. Kali ini Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T dinobatkan sebagai juara 1 penerima Citation Award 2015. Penghargaan tersebut diberikan oleh unit Publikasi Internasional dan Karya Ilmiah Dosen Universitas Brawijaya (PPIKID UB)/ International Scientific Publication Office. Tiga dosen Universitas Brawiajya penerima penghargaan tersebut diumumkan pada Rapat Senat Terbuka Dies Natalis UB Ke-53 yang diselenggarakan di Gedung Samantha Krida pada Selasa (5/1). Mereka adalah Juara 1 Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T (FILKOM), Juara 2 Prof Fatchiya (FMIPA) dan Prof Agus Suryanto (FMIPA).

Disampaikan oleh Herman bahwa Citation Award ini diberikan kepada dosen yang publikasinya selama lima tahun terakhir paling banyak disitasi (dikutip/dijadikan referensi) oleh peneliti lain, khususnya publikasi pada Jurnal Internasional. Adapun kualifikasi/persyaratan bagi kandidat penerima Citation Award ini meliputi (1) Dosen Universitas Brawijaya, (2) harus memiliki publikasi internasional sejak 2011 sebagai penulis utama/first author, (3) harus memiliki “My Citation” Google Scholar dengan UB affiliation dan (4) harus memiliki minimal 1 publikasi ilmiah pada 2015.

Kemudian penilai mengacu pada profil kandidat di google scholar. Pada Google Scholar telah tersedia parameter jumlah sitasi berupa H-index dan i10-index. Jumlah sitasi adalah banyaknya sitasi total, dari semua publikasi ilmiah yang terindeks google scholar. Dimana H-index adalah jumlah publikasi yang minimal telah disitasi sebanyak H-kali. Sementara i10 index menunjukkan jumlah publikasi yang telah disitasi lebih dari 10 kali oleh peneliti lain.
“Jadi punya saya H-indexnya 6 artinya ada 6 judul publikasi saya yang minimal disitasi 6 kali,” jelas Herman.

Proses seleksi dilakukan oleh Tim PPIKID dengan memeriksa langsung profil semua Dosen UB yang ada di Google Scholar. Untuk dosen yang pada tahun sebelumnya telah pernah memenangkan penghargaan Citation Award tidak diikutkan pada penilaian pemilihan kandidat tahun ini. Jumlah kandidat adalah sebanyak profil dosen yang terdapat pada list Google Scholar berikut https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&view_op=search_authors&mauthors=ub.ac.id. Tiga juara terpilih berhak atas masing-masing Rp 5.000.000,- (juara 1), Rp 4.000.000,- (juara 2) dan Rp 3.000.000,- (juara 3). Herman berharap prestasinya tersebut dapat memberikan semangat tersendiri bagi dosen UB lainnya untuk berprestasi. [dna]

Profil para juara Citation Award 2015 dapat diakses pada tautan berikut ini:

  1. Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T (FILKOM): https://scholar.google.co.id/citations?user=fSS7qCwAAAAJ&hl=en
  2. Prof Fatchiya (FMIPA): https://scholar.google.co.id/citations?user=1FzaPO8AAAAJ&hl=en
  3. Prof Agus Suryanto (FMIPA): https://scholar.google.co.id/citations?user=rTsQl_8AAAAJ&hl=en

 

Share