FILKOM Gelar Sertifikasi CLAD Pertama Bagi Mahasiswa

FILKOM Gelar Sertifikasi CLAD Pertama Bagi Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) Universitas Brawijaya menggelar ujian Sertifikasi Certified LabVIEW Associate Developer (CLAD) yang pertama bagi mahasiswa Sistem Komputer FILKOM (6/2/2016). Ujian akhir sertifikasi tersebut diikuti oleh 28 mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan sejak 25 Januari – 5 Februari 2016. Pelatihan diberikan oleh dosen FILKOM yang sebelumnya telah lolos sertifikasi CLAD yaitu Mochammad Hannats Hanafi l., S.ST, M.T dan Wijaya Kurniawan, S.T, M.T. Pada hari terakhir pelatihan (5/2/2016) materi disampaikan langsung oleh Krisna Wisnu selaku Field Applications Engineer National Instrument.

LabView merupakan salah satu produk milik National Instruments, sebuah leader company di bidang Embedded System. LabView sendiri sebagai produk adalah suatu bahasa pemrograman high-class yang bersumber dari bahasa C. Dimana bahasa pemrograman ini ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalan manusia pada umumnya. Bahasa pemrograman LabView merupakan Grapical Programming yang memungkinkan pengguna dapat mengkodingkan suatu program dengan gambar. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghemat waktu dalam proses pengkodingan. Jumlah pemilik sertifikat CLAD hingga saat ini tidaklah banyak. Padahal pengguna teknologi NI sendiri sudah cukup banyak. Oleh karena itu bagi lulusan FILKOM yang memiliki sertifikasi ini akan memiliki nilai dan kemampuan lebih sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja.

Mengingat materi yang cukup rumit, maka peserta sertifikasi ini harus benar – benar memfokuskan perhatiannya pada saat pelatihan. Setiap materi yang diberikan akan selalu berkesinambungan hingga akhir. Jika pada awal materi peserta pelatihan tidak sungguh – sungguh memperhatikan dan memahami materi dengan baik, maka pasti pada materi selanjutnya akan semakin sulit untuk bisa menangkap materi. Untuk dapat memperoleh sertifikat CLAD peserta harus bisa mendapatkan nilai sekurang-kurangnya 70 pada ujian akhir. Dari total 28 mahasiswa peserta sertifikasi CLAD kali ini hanya 1 mahasiswa yang berhasil lulus.

Meski demikian Barlian Henryranu Prasetio, S.T, M.T, kepala Lab. Sistem Komputer dan Robotika FILKOM yang juga menjabat sebagai ketua pelaksana sertifikasi CLAD mengungkapkan bahwa bagi mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan dan belum lulus pada ujian kali ini, dapat mengikuti ujian lagi secara gratis pada periode berikutnya. Rencananya sertifikasi CLAD ini akan dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun.
“Rencananya setahun kita akan adakan dua kali. Satu kali untuk mahasiswa dan satu kali untuk dosen. Untuk mahasiswa yang belum lulus saat ini namun memenuhi jumlah kehadiran minimal 80% akan tetap mendapat sertifikat keikutsertaan pelatihan dari Laboratorium,” jelas Barlian.