01_Kuliah_Tamu_Organisasi_TI_
10:37

FILKOM Dorong Mahasiswa Gunakan TI Sebagai Penunjang Pengabdian Masyarakat

Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Prodi TI FILKOM UB) berusaha mendorong para mahasiswanya untuk menggunakan teknologi informasi (TI) dalam organisasi atau komunitasnya untuk menunjang kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya diselenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan tema tersebut pada Selasa (30/10/2018). Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut Pratama Viadi, salah satu mahasiswa FILKOM yang aktif dalam organisasi baik di dalam maupun di luar kampus. Pratama adalah Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FILKOM tahun 2017 dan juga dipercaya menjabat sebagai koordinator ‘Ketimbang Ngemis’ wilayah Jatim, Nusra dan Bali. Untuk diketahui Ketimbang Ngemis adalah sebuah komunitas sosial yang dibentuk untuk mengapresiasi dan membantu para sosok mulia, yakni orang tua yang masih mau berusaha dalam keterbatasan fisik maupun usia untuk mencari nafkah bagi diri sendiri keluarganya dan menolak untuk mengemis. Program yang dijalankan komunitas ini adalah memberikan informasi dan berita mengenai sosok mulia ke masyarakat luas melalui media sosial dan mengadakan 01_Pratama_Viadi_dalam_Kuliah_Tamu_Organisasi_TI_bakti sosial dengan menyalurkan donasi ke sosok mulia setiap bulan.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Prodi TI, Issa Arwani, S.Kom, M.Sc yang menyampaikan bahwa peserta kuliah tamu diharapkan bisa mendapat tambahan tentang pentingnya berorganisasi dan menerapkan IT dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari implemetasi tri darma perguruan tinggi dan selama ini implementasinya masih banyak dilakukan oleh dosen saja. Oleh karena itu mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan keilmuannya untuk memberikan solusi bagi masyarakat di sekitarnya. Selain itu karena Prodi TI hingga saat ini masih belum memiliki himpunan mahasiswa prodi, maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa TI untuk bisa mengerti tentang keorganisasian dan segera membentuk himpunannya.

Dalam sesi utama, Pratama menyampaikan informasi penting tentang organisasi dan bagaimana pengetahuan IT dapat dimanfaat dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Dimana dalam pengalaman Pratama diterapkan dalam komunitas ‘Ketimbang Ngemis’. Penjelasan Pratama mengenai organisasi meliputi definisi organisasi, komponen yang membentuk organisasi, jenis-jenis organisasi dan manajemen organisasi. Selain itu disampaikan pula oleh Pratama beberapa hal yang dapat mengakibatkan kegagalan organisasi, antara lain sasaran yang tidak jelas, rendahnya dukungan manajemen, prioritas tim yang rendah, pembagian peran yang tidak jelas, rendahnya akuntabilitas dan kepemimpinan yang tidak efektif. Hal tersebut diharap dapat dihindari jika himpunan Prodi TI sudah terbentuk. Sementara itu penjelasan tentang visi misi dan apa saja program komunitas ‘Ketimbang Ngemis’ serta apa saja kontribusi Pratama sebagai mahasiswa IT dalam komunitas tersebut disampaikan dalam akhir sesi. [dna]

 

 

 

Share