01_workshop_dunia_kerja(1)
16:27

FILKOM Bekali Calon Lulusan Lewat Workshop Dunia Kerja

Untuk bersaing dalam dunia kerja memiliki keahlian dalam bidangnya saja tidaklah cukup. Soft skill dan kemampuan beradaptasi yang baik juga menjadi kunci penting dalam kesuksesan berkarir. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui bagian Kemahasiswaan menyelenggarakan Workshop Dunia Kerja bagi para calon lulusan yang akan segera mengikuti wisuda (15/11/2018). Kegiatan dibagi dalam tiga sesi meliputi materi mengenai cara sukses lolos dalam seleksi penerimaan tenaga kerja, perkembangan dunia kerja bidang IT dan sesi uji coba psikotest.

Sesi pertama mengenai cara sukses lolos dalam seleksi penerimaan tenaga kerja disampaikan oleh Ristika Kurnia Nestiorini, S.P selaku salah satu staf FILKOM. Sesi ini dibuka dengan sharing pengalaman Nesti mulai awal karirnya hingga saat ini. Disampaikan oleh Nesti bahwa hal terpenting yang bisa membuat seseorang terus berjuang dalam persaingan dunia kerja adalah adanya motivasi yang kuat untuk mencapai sesuatu yang positif. Dimana dalam kasus Nesti adalah motivasi untuk bisa hidup mandiri dan tidak membebani orang tua. Dengan adanya motivasi tersebut maka seseorang akan melakukan upaya terbaiknya untuk terus berjuang. Namun demikian motivasi saja juga belum cukup. Motivasi yang kuat juga harus diimbangi dengan pengetahuan yang luas. Untuk itu dalam kesempatan tersebut Nesti juga memberikan beberapa materi meliputi cara pembuatan surat lamaran (cover letter/CL) dan curriculum vitae (CV) yang baik dan benar, bagaimana menghadapi interview dan hal penting apa saja yang harus diperhatikan ketika diterima bekerja dalam suatu perusahaan.

Sementara itu pada sesi kedua para peserta workshop mendapat kesempatan untuk mengikuti simulasi psikotes yang meliputi tes kepribadian dan kemampuan diri. Simulasi psikotes ini dipandu oleh Prasetyo Iskandar, S.T. salah satu staf Kemahasiswaan FILKOM. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh salah satu dosen FILKOM Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. yang menjelaskan mengenai perkembangan industri bidang IT saat ini dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa bersaing dalam era ini. Dijelaskan oleh Adam bahwa saat ini dunia sudah memasuki revolusi Industri 4.0. Dimana era ini ditandai dengan banyaknya bermunculan industri kreatif. Karena itu, inovasi dan kreatifitas adalah hal yang mutlak harus dimiliki untuk bisa bersaing dalam dunia kerja era ini.

Workshop ini diagendakan sebagai kegiatan rutin yang diperuntukkan bagi mahasiswa FILKOM yang segera mengikuti wisuda. Diharapkan dengan kegiatan ini para lulusan FILKOM dapat lebih siap dalam memasuki dunia kerja. [dna]

 

 

Share