01_FGD_Inviting_Reviewer_SIET_2017
10:55

FGD Inviting Reviewer SIET 2017 dan Research Consortium FILKOM UB

Sebagai rangkaian kegiatan konferensi internasional yang akan diselenggarakan 24-25 November 2017, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Inviting Reviewer The 2nd International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology 2017 (SIET 2017) pada Sabtu (14/10/2017). Bertempat di Ijen Suites Resort & Convention, acara tersebut dihadiri oleh 40 dosen dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Seluruhnya hadir sebagai reviewer yang pada kesempatan tersebut bertugas mereview sejumlah 127 paper yang telah disubmit author untuk SIET 2017.

02_PembukaanDisampaikan Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc. selaku ketua pelaksana kegiatan bahwa dari total 166 abstrak yang masuk, kemudian melalui proses seleksi pertama dan proses upload submission full paper telah diterima 127 full paper. Dengan jumlah tersebut maka tim SIET harus melakukan review paper yang cukup banyak. Dijelaskan oleh Dahnial bahwa strategi yang ditempuh untuk proses review paper tersebut dibagi menjadi dua bagian. Pertama proses review dilakukan online dan kedua proses review dilakukan offline dalam satu hari di satu tempat yakni dalam kegiatan FGD Inviting Reviewer SIET 2017 ini.

03_proses_review_paperSetiap paper direview oleh tiga orang reviewer. Dimana beberapa poin penting yang direview meliputi (1) tingkat kontribusi paper terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, (2) tingkat keaslian tulisan, (3) kualitas secara teknis, (4) kejelasan penulisan dan (5) tingkat plagiarisme. Dari penilaian atas poin tersebut kemudian reviewer akan memberikan rekomendasi apakah paper layak diterima atau ditolak.

04_sosialisasi_reserach_consortiumSelain kegiatan review paper SIET, kegiatan FGD tersebut juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menginisiasi kolaborasi riset antar peneliti dari berbagai perguruan tinggi yang hadir. Adapun skema mengenai kolaborasi riset disosialisasikan pada kesempatan tersebut oleh salah satu dosen FILKOM, Tibyani , S.T, M.T. Dijelaskan oleh Tibyani bahwa bagi peneliti yang hadir pada FGD dan berminat untuk melakukan kolaborasi riset dengan dosen atau peneliti dari FILKOM akan menandatangani nota kesepahaman Research Consortium. Dalam kesepakatan tersebut terdapat 10 fokus bidang yang disepakati untuk kedepannya dilakukan kolaborasi penelitian, meliputi bidang (1) modelling and simulation, (2) machine learning, (3) computational intelligence and technology for disabilities and elderly, (4) information, communication and technology, (5) smart system, IoT and sensor technology, (6) decision support system and artificial intelligence, (7) intelligent system for robotic and tele-robotic, (8) tele-health, biomedical engineering and imaging, (9) software engineering dan (10) image processing and computer vision. [dna]

 

 

 

Share