audiensi-mhs-2018-2
09:47

Evaluasi Masa Studi Mahasiswa FILKOM melalui Audiensi Jurusan Teknik Informatika dengan Orang Tua / Wali

Jurusan Teknik Informatika (TIF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali mengadakan kegiatan audiensi dengan orang tua/wali mahasiswa angkatan 2011/2012 dan mahasiswa Seleksi Alih Program (SAP) 2014/2015 di gedung F FILKOM UB pada hari Sabtu (3-2-2018). Kegiatan tahunan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan TIF Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D., seluruh Ketua Program Studi di bawah naungan Jurusan TIF, ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) Jurusan, Bagian Kemahasiswaan, serta para undangan. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada orang tua mahasiswa tentang evaluasi keberhasilan studi menjelang batas masa studi, dan diskusi terkait permasalahan yang sering menghambat mahasiswa serta solusinya. Dalam sambutannya, Tri Astoto menyampaikan bahwa apabila sampai batas maksimal mahasiswa tidak memenuhi syarat keberhasilan studi, maka pihak fakultas akan mengambil jalan terakhir berupa tawaran pengunduran diri bagi mahasiswa yang bersangkutan.

audiensi-mhs-2018-3Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh 115 undangan dari orang tua mahasiswa, diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi oleh Ketua Jurusan TIF Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D., dilanjutkan dengan paparan dari pemateri terkait, di antaranya Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom., M.CompSc. selaku Sekretaris Jurusan TIF yang menyampaikan materi mengenai jumlah mahasiswa TIF angkatan 2011/2012 dan mahasiswa SAP TIF angkatan 2014/2015. Dilanjutkan oleh Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs., yang membahas tentang panduan mengenai tahapan-tahapan proses skripsi di TIF UB di mana beliau menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika, dan Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng. selaku Ketua Program Studi Teknik Komputer juga menjelaskan materi tentang Kunci Menyelesaikan Perkuliahan. Materi terakhir yang tidak kalah penting disampaikan oleh Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM dari Subbagian Kemahasiswaan FILKOM, mengenai Motivasi dan Sharing Pengalaman Mahasiswa Kritis Angkatan 2009, yang sekaligus mengakhiri sesi pertama acara.

Pada sesi kedua yang dimulai pada pukul 13.00 WIB, masing-masing orang tua/wali mahasiswa dapat melakukan konsultasi personal dengan konsulen dari Jurusan TIF mengenai problem spesifik --baik akademik maupun nonakademik-- yang sedang dihadapi oleh mahasiswa yang bersangkutan. Terdapat tujuh orang konsulen yang melayani konsultasi orang tua/wali mahasiswa, yaitu Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D., Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom., M. CompSc., Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs., Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Wijaya Kurniawan, S.T., M.T., Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM., dan Prasetyo Iskandar, S.T.

audiensi-mhs-2018Kegiatan ini diadakan untuk menjalin komunikasi secara intensif antara pihak Jurusan TIF dengan orang tua mahasiswa yang telah menempuh masa studi selama 11 semester atau lebih. Disampaikan kepada orang tua mahasiswa mengenai kondisi akademik mahasiswa yang bersangkutan, di mana perlu dilakukan evaluasi keberhasilan studi mahasiswa pada akhir semester, terutama yang mendekati batas masa studi 14 semester dan minimal telah mengambil 144 sks. Hal ini telah sesuai dengan aturan akademik yang tertuang pada Buku Pedoman Pendidikan UB tahun 2016/2017 BAB V tentang Sistem Pendidikan Program Pendidikan Sarjana dan Buku Pedoman FILKOM tahun 2016/2021 BAB II tentang Sistem Pendidikan. Pada sesi pengarahan, diberikan juga motivasi dan penyelesaian masalah dari Subbagian Kemahasiswaan terkait masalah-masalah yang banyak dihadapi oleh mahasiswa yang bersangkutan. Sedangkan pada sesi diskusi, Jurusan TIF mencoba menggali lebih dalam hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa terkait tugas akhir yang sedang atau akan dikerjakan. Oleh karena itu, pihak jurusan mencoba  memberikan pengarahan kepada para orang tua/wali mahasiswa mengenai pentingnya motivasi dan pembinaan terhadap anak didik agar tercapai keberhasilan studi sebagaimana yang diharapkan semua pihak.

Share