01_Blibli_graduation_future_program_batch_2
12:25

Dua mahasiswa FILKOM lulus Program Future Leader Blibli.com Batch 2

Habridio Kurniawan (2015) dan Vicky Virdus (2015) mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil lulus dari program Blibli.com Future Program dimana malam pelepasannya diselenggarakan Sabtu (16/2/2019). Pada kesempatan tersebut Dr. Eng. Herman Tolle, S.T, M.T Ketua Jurusan Sistem Informasi hadir sebagai undangan perwakilan pimpinan FILKOM yang turut mendampingi.

Habridio yang akrab disapa Dio menyampailkan bahwa dirinya dan Vicky mengetahui tentang Blibli.com Future Program tersebut dari acara sosialisasi yang diadakan oleh Blibli.com di FILKOM. Karena tertarik dengan program tersebut dirinya mencari informasi lebih lanjut dari kakak tingkatnya yang sebelumnya telah ikut program serupa. Untuk bisa bergabung dalam Blibli.com Future Program ini Dio dan Vicky harus melalui 6 (enam) tahapan seleksi dengan sistem gugur meliputi seleksi berkas, logical test, psikotest, grup diskusi, wawancara dan terakhir medical check up. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi pendaftaran tersebut baru ditentukan 30 orang dari berbagai kampus di Indonesia yang dinyatakan diterima sebagai peserta Blibli.com Future Program Batch 2.

 “Saat logical test kami mengerjakan beberapa soal logic berbahasa Inggris dengan waktu 20 menit dan webcam laptop menyala. Sementara untuk tahapan seleksi grup diskusi, kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberi tugas melakukan perancangan bisnis makanan sehat dengan waktu 20 menit untuk kemudian dipresentasikan,” jelas Dio.

Dinyatakan tergabung sebagai peserta Blibli.com Future Program tidak lantas membuat Dio dan Vicky bisa santai dan berpuas diri, karena selama program berlangsung juga terdapat ujian/tes dengan sistem gugur. Blibli.com Future Program dilaksanakan selama total 18 bulan (1,5 tahun). Program tersebut terdiri atas 3 fase yang terdiri atas pengenalan lingkungan kerja Blibli.com, bootcamp, mentoring, pengerjaan project dan ujian dengan sistem gugur. Bootcamp sendiri diadakan setiap libur semester. Dalam bootcamp terdapat beberapa kegiatan seperti character building, team building, penerapan technical dalam dunia IT dan wawasan tentang Sumber Daya Manusia dari Human Resources (HR) Blibli.com. Di akhir bootcamp peserta dibagi menjadi kelompok kecil untuk mengerjakan project real case dari Blibli.com. Selama pengerjaan project di kota asal masing-masing peserta, setiap tim dipantau oleh dua mentor yang terdiri atas satu mentor technical dan satu mentor HR yang datang langsung ke kota peserta sebanyak 2 kali per project. Kemudian pada liburan semester berikutnya semua tim menjalani ujian yaitu mempresentasikan hasil projectnya. Bagi tim yang dinyatakan lolos dapat lanjut ke fase 2. Proses ini berlangsung sebanyak 3 (tiga) kali dalam 3 (tiga) semester. Setelah melewati bootcamp, pengerjaan project dan ujian sebanyak 3 (tiga) kali kemudian terpilih sejumlah 11 orang yang dinyatakan lulus dari program tersebut dan berhak mengikuti graduation ceremony.

“Khusus untuk ujian tahap terakhir kami mendapatkan tambahan test berupa pengerjaan logical test dari penguji dan harus dikerjakan dengan cara paling optimal,” ujar Dio.

02_Blibli_graduation_future_program_batch_2Dio dan Vicky mengaku sangat senang dapat bergabung dalam program tersebut karena bisa mendapatkan banyak manfaat positif. Beberapa manfaat tersebut meliputi finansial support berupa uang saku bulanan, pelatihan pengembangan diri seperti character building dan team building, pelatihan technical terutama dalam pengembangan web apps dengan real project serta berbagai teknologi yang digunakan di dunia industri yang selama ini belum didapatkan dalam perkuliahan reguler. Selain itu keduanya juga berkesempatan menambah wawasan tentang cara komunikasi dan negosiasi dengan real user dan pengalaman menyelesaikan permasalahan nyata.

“Kami juga bisa menambah relasi. Kemudian yang terpenting kami mendapat kesempatan berkarir di Blibli.com setelah berhasil lulus dari program ini. Kami berhak langsung menjadi karyawan tetap tanpa mengikuti test lagi dan tanpa melewati masa kontrak,” ungkap Dio senang.

Dio dan Vicky berpesan bagi mahasiswa FILKOM yang berminat untuk ikut serta dalam program serupa agar dapat mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Selain penguasaan teori yang telah diajarkan di perkuliahan perlu bagi calon peserta untuk memiliki sikap mental yang positif jika ingin berhasil dalam program ini. Disampaikan Dio sikap mental positif tersebut meliputi rasa percaya diri untuk mampu berkembang lebih baik, membiasakan diri menyukai tantangan, mau belajar hal baru dan membiasakan diri dengan kerja sama tim. Bagi yang berminat untuk bergabung dalam Blibli.com Future Program periode selanjutnya dapat memperoleh informasi lebih lanjut melalui website Blibli.com. [dna]

 

 

 

Share