01_pelatihan_inoavsi_pembelajaran
16:09

Dosen Jurusan Sistem Informasi Tingkatkan Kompetensi Mengajar dalam Pelatihan Inovasi Pembelajaran

Pada masa Revolusi lndustri 4.0 ini pendidikan juga dituntut untuk berubah dalam menghadapi tantangan yang besar. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh Revolusi lndustri 4.0 disebut Education 4.0. Education 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu. Untuk itu dosen jurusan Sistem Informasi perlu terus meningkatkan kompetensi mengajarnya. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan penyelenggaraan “Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revotusi Industri 4.0 dan Education 4.0 untuk Dosen Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB” pada jumat (30/8/2019).

02_pelatihan_inoavsi_pembelajaranDisampaikan oleh Satrio Hadiwijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. selaku ketua pelaksana bahwa diharapkan dengan pelatihan ini jangan sampai timbul istilah, mahasiswa Era Revolusi lndustri 4.0, belajar dalam ruang Era Revolusi lndustri 3.0, dan diajarkan oleh dosen Era Revolusi lndustri 2.0 atau bahkan 1.0. Kompetensi dosen dalam mengajar harus sesuai dengan performa dosen yang dibutuhkan dalam Era Education 4.0, misalnya mampu terampil memanfaatkan dan mengelola teknologi informasi untuk mengajar sehingga proses pembelajaran tidak hanya bertumpu pada pertemuan tatap muka (face to face) saja.

03_pelatihan_inoavsi_pembelajaranKegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan, dimana ada yang berperan sebagai instruktur dan peserta pelatihan. lnstruktur dalam kegiatan ini adalah pemateri yang telah ditunjuk dan peserta pelatihan dalam kegiatan ini adalah semua dosen di jurusan Sistem lnformasi, FILKOM UB. Pemateri terbagi atas pemateri utama dan pemateri khusus per Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD). Pemateri utama yang hadir, Pertama adalah Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang yang menyampaikan materi tentang pengelolaan Blended Learning untuk pembelajaran di Perguruan Tinggi. Kedua adalah Saida Ulfa, M.Edu., Ph.D. dari perguruan tinggi yang sama dengan pemateri pertama menyampaikan materi tentang Pengembangan Konten Digital untuk pembelajaran di Perguruan Tinggi. Ketiga Dr.Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. dari FILKOM UB menyampaikan materi tentang MOOCs Platform untuk Jurusan Sistem lnformasi FILKOM UB. Keempat adalah Dr. Nurul Muslihah, SP, M.Kes. dari FK UB yang menyampaikan tentang Pengelolaan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Based Education (OBE). Setiap materi disampaikan dalam durasi waktu dua jam.

04_sesi_tanya_jawabSementara itu khusus untuk materi kelima diselenggarakan selama tujuh jam, dengan hasil kegiatan adalah terselesaikannya RPS untuk semua mata kuliah yang dikoordinir oleh masing-masing KJFD di jurusan Sistem lnformasi. Adapun para KJFD tersebut adalah Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT. (Koordinotor KJFD Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi), Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom. (Koordinotor KJFD Manajemen Data dan Informasi), Djoko Pramono, S.T., M.Kom. ( Koordinator KJFD Pengembangan Sistem Informasi), Alfi Nur Rusydi, S.Si., M.Sc. (Koordinator KJFD Sistem Informasi Geografis), Retno lndah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd, (Anggota KJFD llmu Kependidikan dan Teknologi Pembelajaran), serta Widhy Hayuhardhika N.P., S.Kom., M.Kom. (Koordinator KJFD Teknologi Informasi). [dna]

 

 

Share