01_FGD_Peningkatan_Pengelolaan_Jurnal_FILKOM_UB
08:54

BPJ Gelar FGD untuk Peningkatan Pengelolaan Jurnal di FILKOM UB

Badan Pengelola Jurnal (BPJ) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk peningkatan pengelolaan jurnal FILKOM UB selama dua hari (24-25/11/2017). Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota BPJ FILKOM UB yang beranggotakan sekitar 19 orang, terdiri atas dosen, karyawan dan dua orang mahasiswa student employee. Disampaikan oleh Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T. selaku Ketua BPJ FILKOM bahwa hingga saat ini FILKOM telah memiliki tiga jurnal meliputi Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Journal of information Technology and Computer Science (JITeCS) dan Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK).

J-PTIIK merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil penelitian mahasiswa FILKOM UB. Sementara JTIIK dan JITeCS adalah jurnal yang diperuntukkan bagi publikasi artikel hasil penelitian masyarakat umum, bukan hanya dari dalam FILKOM UB saja. JTIIK merupakan jurnal nasional yang mengangkat penggunaan format bahasa Indonesia. Sementera JITeCS memiliki sasaran internasional, sehingga format yang digunakan adalah bahasa Inggris. JTIIK dan JITeCS ditargetkan untuk dapat terakreditasi oleh DIKTI dan terindex pada lembaga pengindex yang bereputasi. Untuk itu BPJ FILKO perlu membenahi proses pengelolaan jurnal agar sesuai standar yang ditentukan DIKTI, serta melengkapi tampilan dan isi website dari jurnal terkait.

“Jadi dengan FGD ini target yang ingin dicapai, pertama adanya evaluasi pengelolaan J-PTIIK, JTIIK dan JITeCS. Kemudian juga memberikan pemahaman kepada seluruh anggota BPJ dalam meningkatkan pengelolaan ketiga jurnal tersebut secara profesional. Terakhir mempersiapkan dan mempraktekkan secara optimal untuk setiap kegiatan administrasi dan editorial untuk akreditasi dan meningkatkan indeksasi jurnal,” jelas Gembong.

02_Sesi_perbaikan_hasil_evalusi_dibagi_dalam_kelompok_kecilAdapun agenda kegiatan selama dua hari tersebut meliputi pembukaan oleh dekan FILKOM, pemaparan kondisi dan posisi jurnal – jurnal di FILKOM secara keseluruhan, informasi e-journal DIKTI, pemaparan format standar media jurnal, manajemen pengelolaan terbitan dan manajemen pengelolaan penekanan pada hasil, simulasi akreditasi, serta evaluasi dan pembagian kelompok kerja untuk perbaikan. Dari hasil evaluasi kondisi jurnal di FILKOM dengan standar DIKTI, terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki BPJ dari sisi website, penyuntingan dan manajemen pengelolaan terbitan, substansi artikel serta gaya penulisan. Pada poin website hal-hal yang perlu ditingkatkan meliputi sistem backup data jurnal pada manajemen server,  perbaikan menu editor dan reviewer, peningkatan link ke google scholar. Sementara pada poin penyuntingan beberapa hal yang perlu diperhatikan meliputi peningkatan keterlibatan mitra bestari, mutu penyuntingan substansi, kualifikasi dewan penyunting, mutu penyuntingan gaya dan format serta kelengkapan petunjuk penulisan bagi penulis. Pada poin substansi artikel yang perlu diperbaiki adalah derajat kemutakhiran, dimana referensi yang digunakan sebisa mungkin berasal dari jurnal bukan buku dan harus terbitan lima tahun terakhir. Sementara pada poin terakhir gaya penulisan hal yang perlu diperbaiki adalah konsistensi penyusunan daftar pustaka pada artikel yang masuk. [dna]

 

 

 

Share